Kulkas Tidak Dingin? Kenali Penyebab dan Solusinya

Kulkas Tidak Dingin? Kenali Penyebab dan Solusinya. Kulkas atau Lemari es merupakan salah satu perabot rumah tangga yang penting untuk menyimpan makanan, sayur dan buah. Kulkas yang tidak dingin sempurna akan mengakibatkan rusaknya makanan atau sayuran yang disimpan.

Berikut ini adalah problem yang umum terjadi dan menyebabkan kulkas tidak dingin

 

Di bagian dalam kulkas, terdapat bunga es yang berperan untuk mendinginkan udara. Ketika kulkas mulai tidak dingin, penyebab paling dasar yang kerap terjadi adalah bunga es sudah terlalu tebal dan menutupi bagian lubang angin pada kulkas.

Solusi:

 

Pintu kulkas yang kurang rapat ketika ditutup juga bisa menjadi penyebab utama kulkas tidak dingin. Biasanya karet pada pintu lah yang bekerja untuk menutup kulkas.

Solusi:

 

Kompresor memegang peran kunci karena berfungsi mengalirkan freon pendingin. Jika tidak bekerja dengan baik maka seluruh proses pendinginan bahkan tidak dimulai.

Tugas kompresor adalah memampatkan refrigeran dari uap dingin bertekanan rendah menjadi uap panas bertekanan tinggi.

Refrigeran terkompresi ini berupa uap panas bertekanan tinggi kemudian dialirkan melalui kondensor yang kemudian terkondensasi menjadi cairan bertekanan tinggi.

Cairan ini kemudian mengalir melalui koil evaporator di mana ia menguap dan mendingin menjadi uap bertekanan rendah.

Solusi:

 

Di lemari es terdapat sistem pencairan yang mengontrol siklus pendinginan dan pencairan. Komponen sistem defrost biasanya berupa timer defrost dan pemanas defrost.

Timer defrost mengalihkan lemari es antara mode pendinginan dan defrost. Jika rusak dan berhenti pada mode pendinginan, ini menyebabkan embun beku yang berlebihan menumpuk di koil evaporator yang mengurangi aliran udara.

Atau jika berhenti pada mode defrost, semua embun beku akan mencair dan tidak kembali ke siklus pendinginan.

Solusi: