Megenal Gergaji Scroll Saw dan Cara Penggunaannya

Megenal Gergaji Scroll Saw dan Cara Penggunaannya

Megenal Gergaji Scroll Saw dan Cara Penggunaannya. Gergaji Scroll saw merupakan gergaji yang mempunyai kinerja dengan sistem menggerakkan mata pisau naik turun. Sroll saw hampir sama kinerjanya seperti jigsaw, hanya bedanya jika jigsaw kita yang bergerak menggerakkan mesin untuk membentuk pola, scroll saw materialnya yang akan kita potong yang kita gerakkan membentuk pola.

Scroll Saw biasanya bersifat stand alone, artinya mesinnya berdiri atau diletakkan diatas meja tumpuan mesin. Scroll saw mempunyai mata gergaji yang sangat tipis dan kecil. Gergaji scroll Saw biasanya dibuat untuk memotong pola yang rumit yang tidak bisa dikerjakan oleh gergaji jigsaw serta membutuhkan ketelitian tinggi.

Material yang bisa dipotong dengan menggunakan mesin gergaji scroll saw adalah MDF, kayu, plywood, akrilik, partikel board. Merek scroll saw yang beredar dipasar cukup banyak, diantaranya merk makita, dewal, namun yang paling favorit biasanya merek china yang lebih murah.

Cara menggunakan Mesin Scroll Saw:

Scrollsaw memiliki fitur unggulan yaitu ketelitian dan akurasi potongan. Oleh karena itu jika kita menginginkan hasil berkualitas dengan daya tahan yang tinggi harus memilih merek yang memang terkenal pada kualitas dan akurasinya.

Ada banyak jenis merek yang beredar, namun ada beberapa merek yang bisa menjadi pertimbangan yaitu:

Merek-merek tersebut sudah sangat teruji dan banyak digunakan oleh profesional di seluruh dunia. Namundipasaran juga ada beberapa merek dengan harga terjangkau dan cukup bagus. Diantaranya:

 

Scroll saw, pada pandangan pertama, terlihat seperti versi miniatur gergaji pita (Bandsaw) – kedua mesin memiliki bilah tipis yang melewati meja kerja. Namun, tidak seperti gergaji pita, gergaji gulir mengeluarkan bahan menggunakan gerakan bolak-balik. Mesin ini sering dikatakan mirip dengan mesin jahit dalam cara lengan menggerakkan mata gergaji ke atas dan ke bawah pada kebanyakan model.

Gergaji pita, di sisi lain, bekerja dengan melewatkan bilah panjang tipis ke meja kerja dalam satu arah. Gerakan bolak-balik gergaji pita dan bilah yang lebih kecil yang digunakan semuanya berkontribusi pada hasil akhir yang mulus pada tepi yang berbentuk, sehingga dalam banyak kasus tidak diperlukan pengamplasan tambahan.

Gergaji pita, dengan ketinggian yang dapat disesuaikan, sangat cocok untuk memotong balok dan papan. Mereka juga dapat mengiris papan yang sejajar dengan bidang permukaannya, dalam proses yang disebut ‘resawing’.

Gergaji gulir juga mampu memotong balok kayu yang lebih tebal, meskipun bilahnya tampak rapuh. Tidak seperti gergaji pita, gergaji gulir umumnya bekerja dengan ketinggian tetap (‘ketebalan potongan’ dari gergaji gulir) yang menentukan ketebalan maksimum bahan yang dapat Anda bentuk dengan mesin Anda.