Mengenal Mesin Milling CNC Secara Detail: Fungsi, Jenis dan Komponen Utama

Mesin Milling CNC atau biasa disebut Frais merupakan salah satu jenis perangkat mesin CNC yang paling umum dipakai di perindustrian. Mesin Milling CNC sendiri yaitu mesin milling yang pengaturan pergerakan meja dan spindlenya dikontrol melalui program tertentu. Program itu berupa perintah-perintah khusus dengan bahasa numerik yang harus dikerjakan oleh mesin CNC. Hal tersebutlah yang membedakan mesin milling CNC dengan mesin milling konvesional, karena pergerakan dan perputaran pada milling konvensional masih dilakukan manual dengan tangan.

Fungsi utama mesin Frais CNC adalah pengeboran dan pemotongan material. Jadi, jika material bahan sudah dimasukkan ke dalam mesin maka program komputer akan mengendalikan mesin untuk memotong atau mengebor material tersebut sesuai yang diharapkan. Mesin memiliki ketersediaan pilihan sumbu mulai dari tiga sampai 6 sumbu sehingga arah pergerakannya fleksibel dan bisa disesuaikan.

Secara garis besar, klasifikasi mesin Frais CNC dibedakan berdasarkan  dua variabel yaitu fungsi dan jumlah sumbu/axis. Berikut ini pemaparannya:

Jenis yang pertama yaitu Training Unit (TU) yang fungsi utamanya untuk keperluan pelatihan atau pendidikan di instansi sekolah maupun lembaga pelatihan. Tipe mesin Frais TU yang biasa dipakai oleh kalangan pelatihan yaitu Edumill, Emco, GSK.

Selanjutnya adalah jenis Production Unit (PU) yang penggunaanya untuk membantu proses produksi di perindustrian. Mesin Frais PU yang populer digunakan adalah mesin bermerk Mitsubishi, Fanuc, Siemens, dll.

Jenis yang sering digunakan adalah Milling CNC yang beroperasi dengan tiga sumbu yakni X, Y, dan Z. Hal ini memungkinkan mesin pemotong untuk berputar ke tiga arah. Hampir mirip konfigurasi pada mesin 3D Printer sebenarnya, bedanya komponen ekstuder diubah menjadi alat potong tajam yang mampu berputar dengan kecepatan tinggi.

Mesin Milling CNC 5 sumbu tak hanya berotasi pada X, Y, dan Z namun juga sumbu B dan W. Fitur ini berguna sekali dalam menjaga agar alat pemotong stabil dan tetap tegak di bidang permukaan material. Dengan begitu Anda bisa mengebor atau memotong dalam posisi menggantung, hal yang tidak bisa dilakukan dengan tiga sumbu.

Mesin Milling CNC dengan 6 sumbu memiliki tambahan sumbu rotasi yang terletak di sekitar sumbu Z. Kondisi ini menyebabkan tingkat kecepatan mesin jauh lebih tinggi dibanding yang 5 sumbu.

Mesin CNC Frais secara umum dibedakan menjadi 3 bagian, yakni komponen mekanik, komponen eletrik, dan komponen kontroller. Berikut ini penjelasan singkatnya:

Bagian mekanik adalah komponen yang fungsinya seputar pergerakan dan perputaran mesin. Terdiri dari spindle, meja kerja, eretan, dll.

Bagian elektrik tentu saja adalah komponen mesin yang berfungsi memberikan tenaga atau energi untuk komponen mekanik agar bisa melakukan pergerakan sesuai yang diperintahkan controller. Terdiri dari motor servo, spindle driver, motor listrik utama, power supply, dsb.

Sesuai sebutannya, komponen yang terakhir ini merupakan bagian dalam mesin yang fungsinya mengontrol keseluruhan kerja mesin atau singkatnya sebagai otak mesin CNC. Komponen inilah yang membedakan mesin Milling CNC dengan mesin Milling konvensional. Merk atau tipe controller pada mesin kebanyakan tergantung dari produsen pembuatnya misal merk Mitsubishi, Fagor, GSK, Sinumeric, dll.