Menghitung Kebutuhan Inverter PLTS Listrik Tenaga Surya

Menghitung Kebutuhan Inverter PLTS Listrik Tenaga Surya. Inverter surya adalah salah satu komponen terpenting dari sistem panel surya. Inverter bertanggung jawab untuk mengubah listrik arus searah (DC) dari panel surya  menjadi listrik arus bolak-balik (AC) untuk memberi daya pada peralatan elektronik. Menghitung Kebutuhan Inverter PLTS akan memainkan peran penting dalam keseluruhan produksi listrik.

Inverter surya tersedia dalam berbagai ukuran, besar dan kecil. Mirip dengan panel surya, ukuran inverter dapat dinilai dalam watt (W). Ketika akan memasang inverter surya, installer akan mempertimbangkan tiga faktor utama: ukuran sistem panel surya, geografi, dan kondisi spesifik lokasi.

Untuk melakukan kalkulasi perhitungan ukuran sistem PLTS untuk rumah tersedia banyak tools di plystore silahkan Download.

 

Ukuran Inverter tepat untuk aplikasi spesifik tergantung pada berapa banyak watt yang dibutuhkan perangkat Anda. Informasi ini biasanya dicetak di label perangkat elektronik, meskipun itu mungkin menunjukkan peringkat tegangan dan arus listrik sebagai gantinya. Lihatlah peralatan terbesar yang ingin Anda sambungkan ke sistem PLTS dalam hitungan Watt, misal: pemanas air, pemanggang listrik, AC, dll.

Inverter Anda harus dapat menangani Watt puncak yang dibutuhkan oleh peralatan ini. Secara umum, inverter mampu menangani puncak Watt dengan durasi yang sangat terbatas untuk sekitar 1,8 kali ukuran inverter.

 

Ukuran panel surya adalah faktor paling penting dalam menentukan ukuran yang sesuai untuk inverter. Karena inverter surya Anda mengubah listrik DC yang berasal dari array, perlu memiliki kapasitas untuk menangani semua daya yang dihasilkan array. Jika Anda memasang sistem 6-kilowatt (kW), Anda dapat memperkirakan inverter yang diusulkan sekitar 6000 W, plus atau minus dalam persentase kecil.

Installer tenaga surya akan memperhitungkan semua pertimbangan dan efisiensi untuk menentukan apa yang akan dihasilkan sistem panel surya dalam skenario real. Sistem panel surya yang mengalami lebih banyak naungan, berada pada kemiringan yang kurang optimal, atau menghadap ke timur karena Utara memiliki faktor derivasi yang lebih tinggi.

Rasio array-ke-inverter dari sistem panel surya adalah peringkat DC dari array surya Anda dibagi dengan output AC maksimum dari inverter Anda. Misalnya, jika array Anda adalah 6 kW dengan inverter 6000 W, rasio array-to-inverter adalah 1. Jika Anda menginstal array berukuran sama dengan inverter 5000, rasionya adalah 1.2. Sebagian besar instalasi akan memiliki rasio antara 1,15 hingga 1,25; produsen inverter dan perancang tata surya biasanya tidak merekomendasikan rasio yang lebih tinggi dari 1,55.

Secara Sederhana Jika Kita membutuhkan daya untuk meyalakan beban 3000 Watt maka ukuran inverter yang ideal adalah 4000-5000 watt.