Merangkai Panel Surya, Panduan Interkoneksi Modul Fotovoltaik

Merangkai Panel Surya, Panduan Interkoneksi Fotovoltaik. PLTS dibangun dari koneksi seri dan paralel dari modul fotovoltaik individual untuk mencapai tegangan dan arus yang dikehendaki. Pembangkit terdiri dari modul fotovoltaik individual yang terhubung secara seri untuk menaikkan tegangan.

Setelah tegangan keluaran yang dikehendaki tercapai, sambungan secara seri dari modul fotovoltaik individual dihubungkan secara paralel di dalam kotak penggabung (combiner box) untuk menaikkan arus. Keluaran daya yang dikehendaki adalah linear (sebanding) dengan jumlah panel. Oleh karena modul fotovoltaik memiliki keterbatasan tegangan, jumlah panel dan tegangan rangkaian terbuka tidak boleh melebihi tingkat tegangan dari panel individual.

 

Merangkai panel surya dengan karakteristik yang berbeda di dalam suatu rangkaian tidak dianjurkan karena ketidakcocokan modul fotovoltaik akan mengurangi kinerja total suatu rangkaian.

Perhatikan bahwa merangkai panel surya harus terdiri dari modul fotovoltaik dengan spesifikasi yang mirip sebagai berikut: jenis sel (monocrystalline, polycrystalline atau thin film), daya nominal, tegangan operasi dan arus pada daya maksimum, tegangan pada rangkaian terbuka, dan arus hubung pendek.

 

Sumber: Buku Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya “Dos & Don’ts”