Mesin Cuci LG Memiliki Teknologi AI untuk Efektifitas dan Efisiensi

Mesin Cuci LG Memiliki Teknologi AI untuk Efektifitas dan Efisiensi. Kecerdasan buatan atai Artificial Inteligents, akan menjadi bagian integral dari berbagai peralatan rumah tangga masa depan. Salah satunya sudah mulai diaplikasikan oleh LG elctrinic melalui jajaran mesin cucinya.

Aplikasi teknologi AI bisa mendeteksi perilaku pencucian oleh pemilik rumah. Sekaligus mengoptimalkan efisiensi daya listrik yang digunakan namun dengan peningkatan kualitas pencucian yang tinggi.

Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia, Rumbi Simanjuntak, menjelaskna dengan adanya AI, mesin cuci mampu mengenali berat dan karakteristik bahan pakaian yang dimasukkan ke dalam tabung pencuciannya. Berpadu dengan teknologi motor inverter LG Direct Drive membuat mesin cuci dapat melakukan pencucian optimal dengan lebih beragam gerak pencucian.

“Kolaborasi teknologi kecerdasan buatan LG ThinQ AI dengan teknologi motor hemat energi LG yang mampu memberikan berbagai gerak pencucian untuk pakaian ini , memberikan kenyamanan baru untuk solusi perawatan pakaian lebih baik kepada konsumen,” ujarnya.

Rumbi mengungkap sekitar dua puluh ribu kombinasi informasi terkait penggunaan mesin cuci dan pengaturannya menjadi basis data tersebut. Sehinga mesin cuci dapat mengenali keunikan gerak mikro pada tabung cuci untuk tiap jenis materi pakaian berbeda dari lembut hingga berbahan lebih kasar dan berat.

Ada pun cara kerjanya saat pengguna memasukkan cucian, mesin cuci pertama kali akan mengenali berat cucian. Pilihan penggunaan pada fungsi AI akan membuat tabung bergerak memutar beberapa saat.

Gerakan tabung dengan pakaian di dalamnya inilah yang kemudian menghasilkan gerak mikro unik yang lantas dikenali sebagai perintah untuk menentukan mode pencucian optimal.

Mode pencucian ini merupakan gabungan dari beberapa gerak pencucian yang dihasilkan dari terapan motor inverter LG Direct Drive. Terdapat enam kombinasi gerak pencucian mulai dari menggoyang lembut hingga memutar dan memeras untuk menangani bahan pakaian lebih keras yang terinspirasi dari gerak mencuci dengan tangan.

Lantas kapan mesin cuci dengan AI ini tiba di Indonesia? “Tak sampai tahun berganti, adopsi kecerdasan buatan dengan berbagai inovasi besar yang membawa perubahan nyata dalam evolusi mesin cuci ini akan hadir di Indonesia,” jawab Rumbi.