Mesin Pemotong Kilat Serbaguna: CNC Plasma Cutting

Belakangan ini, teknologi CNC sudah semakin menjamur di kalangan masyarakat industri. Mesin serupa robot ini benar-benar menakjubkan dari berbagai segi, mulai dari efisiensi waktu dan biaya, hingga tingginya kualitas produk. Salah satu pemanfaatan mesin CNC di perindustrian yang paling banyak yaitu untuk keperluan pemotongan plat logam atau material lainnya. Jenis yang mendukung hal tersebut yaitu jenis mesin CNC plasma cutting.

Mesin CNC plasma cutting sendiri merupakan mesin yang memiliki kemampuan memotong plat berbagai jenis logam maupun material lain dengan akurasi yang tinggi. Secara sederhana mesin ini beroperasi melalui pemanfaatan energi panas dari sinar laser dengan kedalaman yang telah disesuaikan dengan tebal plat logam yang hendak dipotong. Ditunjang sistem robot CNC, maka alat ini dikontrol kinerjanya melalui pemrograman komputer sehingga mesin akan memotong secara otomatis dengan hasil akurat dan potongannya halus.

Cara kerja mesin CNC plasma cutting diawali dengan peniupan gas invert berkecepatan tinggi melalui komponen nozel. Pada saat bersamaan, gas nozel juga membentuk busur listrik yang akan mengenai permukaan plat logam yang hendak dipotong. Selanjutnya, gas nozel lainnya berubah bentuk menjadi plasma bersuhu tinggi yang fungsinya untuk melelehkan logam tadi sehingga bisa dipotong.

Komponen nozel merupakan bagian dari obor plasma atau torch plasma yang gunanya sebagai pemicu arus listrik serta penyemprot gas. Letaknya ada di ujung torch plasma. Komponen ini harus rutin diganti dengan yang baru jika sering digunakan. Apabila tidak rutin diperbarui maka akan mempengaruhi hasil pemotongan menjadi tidak presisi.

Sebagaimana layaknya sebuah teknologi pastilah mesin CNC plasma cutting memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Mari simak kedua sisi tersebut sebagai bahan pertimbangan ke depan.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai mesin CNC plasma cutting. Dapat disimpulkan bahwa mesin jenis memiliki lebih banyak kelebihan daripada kekurangannya sehingga Anda tak perlu ragu lagi jika ingin menggunakannya.