Mesin Router, Trimmer, Profil dan Cara Penggunaannya

Mesin Router, Trimmer, Profil dan Cara Penggunaannya

Mesin Router, Trimmer, Profil dan Cara Penggunaannya

Mengenal Mesin Router, Trimmer, Profil dan Kegunaannya. Mesin router memiliki fungsi untuk membuat macam-macam profil, sponing kusen pintu maupun jendela, alur, dan meratakan pinggir kayu

Mesin router tangan digunakan untuk membuat profil, memingul benda kerja, meratakan pelapis sintetik (formika), membuat alur dan banyak pengerjaan lainnya. Jenis pengerjaan menentukan jenis pisau yang digunakan.

Prinsip dasarnya mirip dengan mesin bor vertikal namun kepala pisaunya memiliki bentuk dan desain yang berbeda. Karena router ini berfungsi untuk membuat alur pada permukaan kayu maka pisau berada pada posisi vertikal ke arah bawah. (berbalikan dengan mesin profile (spindle). Mesin Router didesain dengan kecepatan putar (rpm) jauh lebih tinggi dari mesin bor biasa.

Mesin router mempunyai dua ukuran utama yatu mesin router dengan Collet (as) 12 mm dan mesin router yang mempunyai AS (gagang) 6 mm, mesin router dengan As 6mm biasa disebut dengan mesin trimmer.

Mesin router bisa mempunyai beragam fungsi sesuai dengan mata router yang digunakan. Pada artikel yang lain akan kami ular tentang bermacam jenis mata router dan fungsinya.

Mesin router yang beredar mereknya sangat beragam mulai dari Makita, Bosch, Maktek, Dewalt, Skill, Modern, Bitech.

Selain penggunaanya secara handheld (dipegang tangan) router juga bisa diterapkan dengan mengunakan meja sebagai dudukan. Meja router ini akan sangat mempermudah pekerjaan karena hasilnya lebih presisi dan stabil. Meja router selain yang buatan pabrk juga bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan kayu atau plywood.

Prinsip dasar kerja alat ini mirip dengan mesin bor vertikal namun kepala pisaunya memiliki bentuk dan desain yang berbeda. Karena Router ini berfungsi untuk membuat alur pada permukaan kayu maka pisau berada pada posisi vertikal ke arah bawah. (berbalikan dengan mesin profil (spindle). Router didesain dengan kecepatan putar (rpm) jauh lebih tinggi dari mesin bor biasa.

Mesin ini adalah salah satu dasar dari semua mesin kayu yang saat ini terdapat di pabrik ataupun perusahaan penjual mesin.

Alat utama yang digunakan dalam Router adalah pisau baja yang bentuknya mirip mata bor. Baja yang digunakan adalah baja khusus untuk putaran tinggi yang terbuat dari carbide tipped steel. Pisau tersebut akan berputar dengan kecepatan tinggi dan “memakan” tepian kayu hingga terbentuk lekukan yang diinginkan.

Berdasarkan bentuk dan fungsinya, pisau Router dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu: