Panduan Memilih Panel Surya, Tips agar Tidak Salah Membeli Modul Surya

Panduan Memilih panel Surya. Modul fotovoltaik terdiri dari sejumlah sel fotovoltaik yang saling terhubung secara seri dan diproduksi menjadi sebuah unit. Sel-sel tersebut berikut dengan kawat busbar penghubungnya dilindungi oleh bahan pelapis atau enkapsulasi (encapsulating material) yang melindungi sel-sel dari kontak langsung dengan lingkungan dan kekuatan mekanik yang dapat merusak sel-sel yang tipis.

Kinerja kelistrikan modul surya dicirikan dengan kurva arus-tegangan (I-V). Kurva tersebut menjelaskan operasi arus dan tegangan modul fotovoltaik pada radiasi sinar matahari dan suhu tertentu. Karena modul fotovoltaik merupakan komponen utama dalam PLTS, kualitas modul fotovoltaik yang baik sangatlah penting untuk mempertahankan operasional sistem.

Biaya produksi modul panel surya turun beberapa kali lipat selama beberapa tahun terakhir. Salah satu alasan penurunan biaya yang cukup besar tersebut adalah perpindahan kapasitas produksi dari Amerika Serikat dan negara-negara Eropa ke negara-negara Asia, di mana gaji dan pengeluaran produktif lainnya jauh lebih sedikit.

Hal tersebut menimbulkan konsekuensi bahwa saat ini para pelaku pasar dasar Eropa dan Amerika hampir semua produksinya diproduksi di negara-negara Asia Tenggara. Cina tidak diragukan lagi mengambil tempat pertama dalam jumlah produksi panel surya.

Kebanyakan panel dengan label “made in Europe” sebenarnya diproduksi di Asia, hanya di bawah persyaratan Eropa. Panel serupa yang diproduksi di China dirilis oleh produsen terintegrasi vertikal yang besar dan andal, dibuat dengan kualitas yang sangat mirip dengan panel “Eropa”.

Jepang bersaing dengan China, tetapi produk asli buatan Jepang, mirip dengan Amerika dan Eropa, kalah secara substansial dalam persaingan biaya dengan produsen dari Celestial Empire. Itulah mengapa produk China menjadi bagian utama dari pasar panel surya Indonesia.

 

gambar dibawah ini merupakan perhitungan tentang jumlah panel Modul surya yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan daya rumah tangga.

 

Mengapa adanya label itu penting?

 

Penjualan panel surya dunia lebih berkembang pesat hampir lebih dari dua kali lipat dalam beberapa tahun terakhir. Dan menurut perkiraan, permintaan modul surya foto-listrik akan tumbuh dengan stabil dalam waktu dekat. Kombinasi dari peningkatan permintaan dengan penyebaran dan perkembangan teknologi manufaktur baterai surya menyebabkan banyaknya produsen di pasar saat ini, dan jumlahnya terus meningkat.

Ini adalah tugas yang cukup sulit bagi seorang non-ahli, yang tidak mengenal realitas pasar ini, untuk menemukan jalan keluar dari berbagai merek dan model seperti itu, untuk membuat pilihan yang tepat di sini, untuk hanya membeli panel surya yang berkualitas dan dapat diandalkan.

Namun, indikator utamanya adalah peringkat pabrikan panel. Ada klasifikasi terkenal di dunia yang membagi produsen modul surya menjadi tiga tingkatan:

Jika kita membandingkan biaya panel-panel tersebut, perbedaan antara panel Tier 1 dan Tier 3 bisa mencapai 20%. Kami akan mencoba untuk memahami, bagaimana pembayaran yang cukup besar tersebut terbentuk dan apakah benar-benar masuk akal untuk membayar lebih untuk kualitas tambahan. Mari kita pertimbangkan secara lebih mendetail, fitur apa yang disajikan oleh setiap kelas kualitas. ini penting dalam Panduan Memilih Panel Surya.

Perusahaan manufaktur di pasar baterai surya, peringkatnya sebagai tingkat Tier 1, adalah merek teratas dengan reputasi pasar yang sangat baik, dan produk mereka terkenal dengan kualitas yang sangat baik. Hanya 2% dari pasar dunia modul foto-listrik adalah produk kelas Tier 1. Ada beberapa faktor, yang menjelaskan dengan tepat kelas modul surya ini:

Oleh karena itu, produk-produk merek teratas Tier 1 adalah standar teknologi tinggi yang sebenarnya dengan jaminan kualitas dan keandalan yang sangat tinggi. Jika kita membandingkan peringkat Tier 1 untuk beberapa tahun terakhir, dapat dikatakan bahwa posisi terdepan hampir tidak dapat diubah, mereka ditempati oleh perusahaan yang sama setiap tahun.

Produk berkualitas tinggi mereka sangat direkomendasikan untuk pembangunan stasiun tenaga surya. Berbicara tentang realitas Ukraina, panel surya paling populer saat ini diproduksi oleh JA Solar, Jinko, Trina, Hanwha Q Cells, dan merek ternama lainnya.

 

Produsen baterai surya kelas Tier 2 membuat semacam “sarana emas” antara perusahaan kelas Tier 1 tertinggi dan yang lebih rendah. Saat ini panel surya Tier 2 mengambil sekitar 8-9% dari pasar global baterai surya.

Mari pertimbangkan fitur utama yang khas untuk produsen Tingkat 2:

 

Ini adalah segmen modul fotolistrik yang paling bermassa, yang memiliki kelas kualitas paling rendah. Panel kelas Tier 3 menempati sekitar 90% dari semua pasar global baterai surya. Kami akan menyebutkan beberapa faktor, yang membedakan untuk kelas kualitas ini: