Panel Surya Semi Fleksibel, Ringan dan Multi Guna

Panel Surya Semi Fleksibel, Ringan dan Multi Guna. Panel Surya Semi Fleksibel merupakan produk energi alternatif yang sangat berbeda dengan jenis panel lainnya yang dapat dibengkokkan, sesuai dengan nama dan gambarnya.

Panel surya jenis ini terbuat dari bahan yang lebih tipis dan lebih fleksibel dibanding yang lain. Itulah sebabnya mereka sering disebut Sistem tenaga Surya Semi-Fleksibel. Tidak disebut full fleksibel karena ada toleransi maksimal saat dilengkungkan.

Warna panel surya jenis ini biru tua, terkadang hitam. Berat material yang digunakan dalam pembangunan Panel Surya Semi-Fleksibel adalah sekitar 2 kg. Pada panel jenis lain, angkanya sekitar 17 kg. Fleksibilitas panel surya juga menguntungkan dalam hal daya tahannya.

Jenis panel surya ini terutama digunakan di tenda kemah, sepeda listrik, mobil travel, dan perahu. Selain itu, panel surya ini lebih cocok dibandingkan panel surya lainnya, karena dapat digunakan dalam bentuk apa pun di atap datar. Alasan proses mengadaptasi tata surya semi-fleksibel ke atap selama pemasangan ini lebih aman dan nyaman daripada yang lain.

Seperti semua panel surya, panel ini dapat digunakan pada tingkat daya yang berbeda. Panel yang paling banyak digunakan dari jenis ini adalah 50 Watt, 100 Watt,  165W, tetapi ada juga panel semi-fleksibel 150W, 250W, 265W.

Di rumah pada umumnya, diperlukan energi 300W untuk menjalankan peralatan listrik seperti lemari es kecil, satelit, dan TV. Jumlah orang yang lebih memilih dua panel 165W daripada panel surya 250W terlalu tinggi, karena mereka mengambil sedikit ruang sambil menyediakan kebutuhan energi yang diperlukan di tempat-tempat seperti itu.

Baru-baru ini, panel semacam itu mendapatkan popularitas di antara produk energi alternatif di Beberapa negara.

Efisiensi panel surya tergantung pada jumlah sinar matahari yang diterimanya. Semakin banyak sinar matahari mencapai panel, semakin tinggi efisiensinya. Panel surya semi fleksibel, salah satu jenis produk energi alternatif yang paling mahal, memiliki efisiensi yang sangat tinggi.

Karena, dapat dengan mudah digunakan pada permukaan yang tidak rata, kemampuan untuk memposisikan ulang sinar matahari memberikan efisiensi energi matahari yang maksimum. Panel surya yang dapat menekuk hingga 20 derajat bisa hampir 100% efisien. Karena jika mau, Anda bisa memindahkannya ke tempat yang paling sering terkena sinar matahari, sesuai dengan matahari.