Perawatan Mesin Konstruksi dan Alat Berat Agar Optimal

Perawatan Mesin Konstruksi dan Alat Berat Agar Optimal. Perawatan mesin konstruksi yang tepat menentukan Keawetan mesin. Pemeliharaan alat berat yang digunakan dalam konstruksi, industri, atau aplikasi penambangan diperlukan untuk menjaganya dalam kondisi kerja yang baik. Pemeliharaan peralatan konstruksi yang buruk dapat menyebabkan kerusakan mendadak yang mengakibatkan hilangnya uang, waktu, dan membahayakan keselamatan pekerja.

Mesin mungkin memiliki banyak operator selama suatu proyek. Setiap operator memiliki keterampilan yang yang berbeda. Karena itu cara pengoperasian mesin juga bervariasi.

Situasi ini menuntut perlunya daftar periksa yang mengawasi operasi peralatan yang benar. Selain pelatihan awal untuk operator, pelatihan reguler harus disediakan untuk menjaga keterampilan dan meningkatkan operasi mesin yang aman dan benar.

Pengoperasian mesin yang tepat harus dicatat sebagai manual sehingga setiap operator dapat menggunakannya sebagai referensi. Manual dapat direvisi berdasarkan kondisi kerja dan jenis proyek. Pengoperasian mesin yang tepat tentu dapat membantu meningkatkan umur mesin.

Selalu jadwalkan rutinitas pembersihan rutin. Membersihkan dapat membantu melestarikan dan memelihara alat berat. Mesin tersebut mengalami kondisi lingkungan yang merugikan seperti hujan, debu, lumpur, dll. Pembersihan secara teratur membantu melacak kondisi berbagai bagian mesin yang berbeda. Pembersihan teratur juga membantu menjaga penampilan peralatan.

Melumasi mesin pada interval yang tepat membantu mengurangi gesekan di sekitar bagian yang bergerak. Mengikuti jadwal yang baik untuk menambahkan pelumas dan memeriksa pelumasan meningkatkan kinerja dan masa pakai alat berat.

Di antara semua pemeriksaan perawatan yang dilakukan pada mesin, pelumasan adalah pemeriksaan yang paling penting. Selalu periksa tanda-tanda oli atau gemuk yang berlebih di sekitar bagian piston atau kebocoran di sekitar segel oli.

Disarankan untuk menggunakan pelumas yang tepat untuk masing-masing komponen. Rekomendasi pabrikan memberikan sebagian besar spesifikasi.

Pemeriksaan pelumas yang tepat membantu mendiagnosis masalah yang terkait dengan bagian-bagian mesin. Kehadiran kontaminan dalam minyak memberikan indikasi bagian mana yang menderita keausan.

 

Beberapa mesin konstruksi menggunakan lebih banyak cairan dan beberapa menggunakan lebih sedikit. Penting untuk membuat pedoman standar tertulis agar level cairan alat berat dipertahankan. Setiap masalah operasional dapat dideteksi oleh inspektur dengan melihat jadwal isi ulang berkala.

Faktor utama yang berkontribusi pada keausan pada mesin konstruksi adalah suhu tinggi, gesekan, getaran, dan usia mesin. Segera setelah personel menentukan keausan pada komponen mesin, disarankan untuk membawa penggantian suku cadang yang diperlukan sesegera mungkin.

Penjajaran roda alat berat diubah saat bekerja di medan yang sangat kasar. Memang benar bahwa mesin ini dibuat kompatibel dengan kondisi situs tersebut. Tapi tetap saja, penting untuk memeriksa roda mesin apakah tidak selaras untuk menghindari masalah kerja yang tidak terduga di lokasi. Pemeriksaan rutin yang dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan pemeliharaan harus memasukkan cek untuk ketidakselarasan.

Semua pemeliharaan dan pemeriksaan yang disebutkan harus dicatat dan didokumentasikan. Semua inspeksi ini dilakukan berdasarkan jadwal. Sangat penting untuk memiliki jadwal perawatan dan perbaikan untuk mempromosikan pemeliharaan preventif mesin.

Di bawah ini adalah inspeksi utama yang dilakukan pada mesin konstruksi:

Tujuh tips perawatan utama yang disebutkan di atas untuk mesin konstruksi tidak hanya membantu meningkatkan masa pakai mesin tetapi juga meningkatkan laba atas investasi (ROI).