Perbedaan Mesin Milling CNC dengan Mesin Bubut CNC yang Perlu Anda Ketahui!

Mesin CNC atau Computer Numerical Control merupakan angin segar bagi perindustrian manufaktur. Bagaimana tidak, teknologi ini menawarkan sistem otomatisasi mesin produksi sehingga memungkinkan produksi massal produk dalam waktu singkat dan dengan hasil berkualitas tinggi. Mesin ini meminimalisir terjadinya kesalahan yang umum terjadi jika produksi menggunakan mesin manual dengan bantuan manusia.

Teknologi CNC saat ini sudah tertanam di berbagai jenis mesin. Dua jenis yang paling umum dipakai adalah mesin milling CNC (frais) dan bubut CNC. Kedua mesin tersebut sama-sama mendukung pengerjaan terkomputerisasi sehingga mesin beroperasi melalui kendali program khusus di komputer. Tak perlu campur tangan manusia terlalu banyak sehingga dengan adanya mesin ini akan serta merta memangkas biaya produksi.

Mesin milling dan bubut tadi sama-sama berguna untuk memotong dan membentuk berbagai jenis material namun memiliki perbedaan mendasar dalam beberapa aspek. Agar mudah mengenali keduanya, simak perbedaannya di bawah ini.

Aspek yang paling mudah untuk membedakan kedua mesin ini bisa dilihat dari cara kerjanya. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa jika alat pemotong berputar dengan benda kerja diam maka itu mesin milling, sedangkan mesin bubut kebalikannya yaitu benda kerjanya yang berputar dengan alat pemotong tetap diam.

Mesin milling CNC memiliki konfigurasi sumbu paling minimal berjumlah 3 sumbu yaitu X, Y, dan Z. Sedangkan mesin bubut CNC bisa bekerja dengan setidaknya 2 sumbu saja. Hal ini dikarenakan keduanya mempunyai metode berbeda dalam mengeksekusi material.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mesin milling CNC dan mesin bubut CNC memiliki cara kerja dan metode yang berbeda. Hal ini dikarenakan kedua mesin ini mempunyai peruntukkannya masing-masing sehingga sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Mesin bubut ini fungsinya terbatas pada benda kerja berbentuk silindris atau bulat. Belakangan ini, keterbatasan tersebut diatasi dengan melanjutkan pengerjaan benda kerja di mesin milling yang terpisah. Mesin bubut CNC versi terbaru dilengkapi dengan fitur milling untuk membuat bentuk yang lebih rumit.