Proteksi Anti Islanding untuk Inverter Grid Tie Seberapa Penting?

Proteksi Anti Islanding untuk Inverter Grid Tie Seberapa Penting?. proteksi Anti Islanding adalah fitur keamanan penting yang dibangun ke dalam semua inverter Grid Tie berdasarkan undang-undang. Inverter Grid tie harus memiliki sirkuit pemantauan yang dapat mendeteksi hilangnya daya jaringan saat listrik PLN mati dalam sepersekian detik dan mematikan inverter secara otomatis.

PLTS On grid yang terhubung ke jaringan PLN membutuhkan perlindungan listrik. Inverter yang terhubung ke jaringan dan dilengkapi dengan perlindungan anti-islanding dirancang untuk memutuskan pasokan listrik dari jaringan jika terjadi pemadaman listrik.

Perlindungan anti-islanding adalah cara inverter mendeteksi saat jaringan listrik bermasalah atau gagal. Kemudian berhenti memberi supply daya kembali ke jaringan.

Namanya diambil dari istilah “islanding”, yang merupakan situasi di mana jaringan listrik mati tetapi beberapa rumah masih menyediakan energi ke jaringan, mengirimkan listrik kembali ke jalur pasokan listrik yang sebelumnya tidak aktif.

Ini adalah situasi yang harus dihindari dengan segala cara. Mengapa? Untuk 2 alasan yang sangat penting:

Bayangkan bahwa jaringan listrik mati dan ada pekerja naik ke tiang listrik untuk memperbaiki trafo atau kabel yang mengganggu. Sekarang bayangkan ada sejumlah rumah yang semuanya dengan mengalirkan listrik kembali ke jaringan dari panel surya mereka. Ini bisa mengakibatkan pekerja bisa tersengat listrik.

Ketika infrastruktur jaringan mendeteksi kesalahan, trafo dan peralatan lain di jaringan akan mati untuk perlindungan mereka sendiri. Jika Anda kemudian memaksa listrik ke mereka dari sistem tenaga surya Anda, Anda dapat menghancurkan peralatan itu, menciptakan kekacauan yang mahal dan berbahaya.

Kerugian dari proteksi Anti Islanding adalah jika terjadi pemadaman, solar inverter Anda akan mati dan rumah Anda, seperti semua yang lain di jalan, juga akan menjadi gelap!

Jika Anda tidak ingin ini terjadi, maka ada solusi teknologi yang tersedia. Anda dapat membeli inverter khusus off grid yang akan mengisolasi rumah Anda dari jaringan jika terjadi pemadaman listrik, dan menggunakan kombinasi penyimpanan baterai dan tenaga surya untuk menyalakan rumah Anda hingga jaringan kembali menyala.

Opsi ini yang dikenal sebagai “solar hybrid” atau “jaringan terhubung dengan cadangan baterai”. Biayanya lebih mahal karena inverter harus jauh lebih canggih. Anti Islanding Protection dari inverter harus berfungsi meskipun PLTS Anda masih menyala.

Anda juga memerlukan banyak penyimpanan baterai untuk menjaga lampu tetap menyala dan peralatan tetap beroperasi saat cuaca mendung atau matahari terbenam, dan baterai yang besar dan dapat diandalkan harganya masih cukup tinggi.