Ragam Jenis Lem Kayu dan Kegunaanya

Ragam Jenis Lem Kayu dan Kegunaanya

Lem atau perekat merupakan komponen yang berfungsi untuk menggabungkan dua buah beda agar menjadi satu. Lem sangat diperlukan dalam industri perkayuan dan ragam industri lainnya. Bahan atau benda yang memerlukan perekat yaitu: batu, kertas, plastik, karet, logam, kaca, dan perekatan dalam kedokteran (medis).

Berdasarkan pada penggunaan kayu dikenal perekat kayu perabot, perekat tahan cuaca, dan setengah tahan cuaca. Perekat tahan cuaca untuk kayu antara lain dari bahan polimer fenolik, ressinol, melamin, furan, dan epoxy.

Perekat perabot kayu yang tidak mengalami perubahan suhu drastis digunakan perekat vinil dan perekat dari tulang. Perekat kayu setengah tahan cuaca misalnya perekat urea dan casein. Ada dua kelompok perekat utama untuk industri kayu:

1. Perekat panas atau hewan, yaitu perekat yang terbuat dari tulang serta kulit yang telah direbus. Perekat ini dapat diperoleh dan tersedia dalam bentuk kue, kepingan, dan butir-butir kecil.

2. Perekat dingin atau tumbuhan, dibagi menjadi :

a. Perekat keju (bahan terbuat dari susu)

b. Perekat damar, dibagi menjadi:

lem ini adalah lem perekat serbaguna yang bisa kamu gunakan untuk melekatkan melamin, logam, beton, papan fiber, kulit, kayu, dan karpet. Karena, di dalam lem ini terkandung karet sintetis dan pelarut organik. Cara penggunaannya cukup simpel karena hanya perlu direkatkan dan ditunggu 10 hingga 20 menit agar kering. Dipasaran lem kuning ini mempunyai beragam merek diantaranya lem fox, lem aica, lem rajawali, dll

 

Lem ini berfungsi untuk merekatkan 2 buah kayu atau kertas, mempunyai tingkat kekuatan yang sangat baik. lem putih juga bisa digunakan untuk plamur tembok. Jika digunakan untuk menyambung kayu, pastikan kedua kayu dipres dengan mesin klem selam minimal 2 jam untuk mendapat kekuatan maksimal. Merek yang beredar hampir sama dengan lem kuning yaitu lem fox, lem rajawali.

 

Kalau lem jenis ini sering juga disebut dengan lem Dextonedua komponen. Nah, lem ini memiliki 2 komponen, resin dan hardener (pengeras). Namun, sebelum kamu mengaplikasikannya pada kayu, kamu harus mencampur ke 2 jenis lem ini terlebih dahulu ya. Nah, lem ini mampu bertahan pada temperatur tinggi juga lho. Jadi, selain cocok untuk merekatkan besi, lem ini juga cocok untuk baja, tembaga, plastik, kayu, keramik, dan bahan lainnya. Merk yang beredae beragam misalnya Aviant, Nippon, dan Dextone

 

Lem kayu yang satu ini memiliki kemampuan daya rekat yang sangat baik sehingga cocok juga digunakan untuk merekatkan kaca pada akuarium. Selain itu, lem kayu yang satu ini pun sangat ideal diaplikasikan pada perabotan yang disimpan di luar rumah.

 

Terakhir adalah lem polyurethane yang ideal untuk diaplikasikan pada perabotan indoor maupun outdoor. Sebelum menggunakan lem kayu jenis ini, pastikan kamu telah membasahi permukaan kayu menggunakan lap basah, kemudian segeralah tempel kedua sisi permukaan kayu dan biarkan selama 24 jam hingga lem mengering.