Rekomendasi 5 Aplikasi Remote Drone yang Bisa Dijadikan Alternatif Pilihan

Dewasa ini, peminat perangkat drone sudah mulai merata di seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari pengguna awam yang sekadar coba-coba memainkan drone hingga pengguna profesional yang memanfaatkan drone untuk pengerjaan proyek besar. Kondisi tersebut otomatis menjadikan jumlah orang yang mempelajari tentang drone semakin meningkat pula. Hal mendasar yang biasa dipelajari dan dilatih adalah teknik penerbangan drone.

Ketika Anda ingin mahir menerbangkan drone, Anda juga harus menguasai software atau aplikasi drone. Software drone ada banyak macamnya, Anda bisa menginstalnya sendiri melalui ponsel atau komputer. Berikut ini adalah beberapa software remote drone ponsel yang bisa Anda pilih:

Aplikasi drone B4UFly merupakan aplikasi yang terintegrasi langsung dengan kebijakan UU FAA mengenai kewenangan terbang, termasuk di dalamnya adalah penerbangan drone. Aplikasi ini akan memberitahukan kepada Anda tempat dan waktu yang tepat untuk dapat terbang. Hal ini dimungkinkan karena B4UFly memiliki daftar bandara atau area terbang paling detail yang ada di sekitar Anda.

Aplikasi B4UFly membuat pesawat drone menjadi punya kesadaran situasional sehingga dapat mempertimbangkan lokasi pilot saat itu atau lokasi yang direncanakan karena dilengkapi fitur Head-Up Status View, Map Interface, dan Mode Perencana.

AirMap merupakan aplikasi penyedia data serta layanan aeronautika khusus drone atau pesawat tanpa awak. Aplikasi ini mampu memberi rekomendasi ketinggian low-altitude, menciptakan track penerbangan, memberi pemberitahuan di ponsel, dan masih banyak lagi. Pada aplikasi AirMap tersedia sistem pengaturan yang tersegmentasi khusus sesuai wilayah penerbangan di suatu negara.

Aplikasi remote drone satu ini memiliki banyak fitur unggulan yang menarik. Pertama, tampilan vektornya sangat cepat dan responsif, bahkan bisa memberi profil pilot. Kedua, keamanan terbang drone akan terjamin karena AirMap akan otomatis mengirim notifikasi penerbangan ke bandara terdekat. Ketiga, AirMap bisa mengetahui kondisi lalu lintas terkini dan bisa menelusuri peta dengan empat gaya peta berbeda.

DroneDeploy sebenarnya tidak terlalu populer dipakai para pilot drone, namun brand drone ternama yaitu DJI ternyata memakai aplikasi ini. Untuk itu, tak ada salahnya jika aplikasi ini juga dijadikan alternatif pilihan karena memang kualitasnya termasuk lumayan bagus. Pada DroneDeploy tersedia fitur perencanaan penerbangan yang mutakhir. Ada pula sistem kontrol otonom yang memudahkan pengendalian drone.

Aplikasi Hover tersedia bebas di Play Store. Pada pembaharuan terakhirnya, Hover mampu memberi info detail pemetaan lokasi dan bahkan bisa memberi informasi cuaca terkini di sekitar wilayah penerbangan. Hover juga ditunjang dengan fitur keamanan yang bisa memberikan pemberitahuan pada pilot apakan kondisi saat ini aman untuk terbang. Aplikasi ini juga dapat memberikan pertimbangan jarak pandang, arah angin, lokasi, serta masih banyak indikator penerbangan lainnya.

Rekomendasi aplikasi remote drone yang terakhir yaitu Kittyhawk. Ini merupakan salah satu aplikasi dengan platform terkuat yang mampu melakukan pemeriksaan sebelum terbang hingga menganalisis pasca-penerbangan. Aplikasi ini unggul dalam hal akurasi cuacanya sehingga dapat memaksimalkan penerbangan. Kittyhawk mempunyai peta dengan daftar area terbang dan dapat memetakan info tersebut degan lalu lintas udara real-time. Selain itu, Kittyhawk juga ditunjang fitur penyimpanan log penerbangan serta bisa melacak lokasi drone yang tersambung.

Demikianlah beberapa rekomendasi aplikasi remote drone yang bisa Anda pilih untuk memudahkan pengontrolan terbang drone. Pilihlah aplikasiyang memenuhi keperluan Anda sehingga drone dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk mengambil gambar maupun video di udara.