Sparepart ATV dan Komponennya yang Wajib Diketahui

Sparepart ATV dan Komponennya yang Wajib Diketahui . Apakah Anda menyukai sensasi mengendarai ATV yang kuat di sekitar medan yang tidak rata? ATV adalah mesin yang luar biasa, tetapi di bawah bodi itu ada perangkat yang rumit. Jika Anda ingin mendorongnya secara maksimal, ada baiknya untuk mengetahui bagian-bagiannya sehingga Anda dapat melakukan perbaikan dan perbaikan jika diperlukan.

Sparepart ATV terdiri dari sejumlah bagian, yang dapat berubah dan bervariasi tergantung modelnya. Di bawah ini, kami membahas suku cadang ATV dan memberikan panduan yang harus Anda ketahui tentang semua yang perlu Anda ketahui.

Cashing plastik ATV yang dibentuk memiliki bagian-bagian yang dibaut ke berbagai bagian dengan kencang. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi mekanisme internal, mesin, dan pengendara. Ini juga mengamankan dari benturan, debu, dan puing-puing yang bisa dikeluarkan saat sedang berkendara.

Salah satu bagian terpenting sparepart ATV adalah spatbor belakang. Saat kotoran dan tanah keluar dari belakang roda belakang, pelindung lumpur melindungi pengendara darinya. Panel di belakang juga menghalangi mereka mencapai mesin dan transmisi.

Di bawah bodi ATV (all terrain vehicle) akan terhampar sistem knalpot. Ini untuk melindungi pengendara dari panas yang akan menumpuk selama penggunaan. Knalpot dapat beralih untuk memberikan tenaga kuda ekstra.

Salah satu fitur terpenting ATV adalah suspensi. Suspensi menjadi bantalan pada roda dan bodi saat membentur tanah. Tanpanya, Anda akan berada dalam perjalanan yang sangat kaku dan bergelombang.

Unit suspensi biasanya dapat disesuaikan, sehingga Anda dapat menyetelnya untuk memberikan lebih banyak atau lebih sedikit tekanan, bergantung pada cara Anda menggunakannya. Setiap roda akan memiliki bagian suspensi independennya sendiri. Ini dapat dilepas dan diganti jika perlu diubah.

Setang adalah tempat Anda akan mengarahkan ATV. Untuk kemudahan penggunaan, banyak juga kontrol lain di sini. Anda akan memutar pegangan pada setang untuk menambah akselerasi.

Lampu dan penyalaan akan berada di area ini, sehingga Anda dapat dengan mudah menyalakan mesin dan meningkatkan jarak pandang. Untuk mengemudi, kopling dan rem depan juga ada di sini.

Peralatan pelindung akan muncul di berbagai area ATV tergantung pada jenis yang Anda beli. Yang paling umum adalah palang di bagian depan ATV yang melindungi mesin. Anda juga dapat menemukannya di samping, belakang, dan menjaga rantai.

ATV hadir dalam dua jenis mesin, dua dan empat tak. Mesin dua tak sangat jarang dan menawarkan tenaga lebih besar untuk rasio berat. Namun, empat tak jauh lebih mudah dirawat dan umumnya lebih andal, oleh karena itu mengapa mereka lebih sering ditemukan di ATV modern.

Salah satu alasan mesin dua tak lebih sulit dirawat adalah karena mereka menggunakan campuran bahan bakar dan oli untuk menjalankannya. Ini harus dicampur sebelumnya, yang lebih rumit daripada sekadar mengisi kendaraan dengan bahan bakar seperti yang Anda lakukan dalam empat tak. Anda dapat menemukan kendaraan dua tak yang memiliki injeksi oli dan melakukan pekerjaan itu untuk Anda, tetapi perawatannya masih lebih sulit daripada mesin empat tak.

Mesin juga akan datang dalam versi satu atau dua silinder, dengan tenaga antara 100 hingga 800cc. Saat memilih ATV, lebih besar tidak selalu lebih baik. Karena berkendara membutuhkan gerakan fisik, mengubah bobot tubuh menjadi tikungan dan tikungan, model yang lebih besar dan bertenaga mungkin sulit dikendalikan untuk pengendara yang tidak berpengalaman yang secara fisik tidak cukup kuat.

Mesin mulai bekerja saat pengendara memutar kunci kontak. Piston di mesin kemudian akan bergerak turun ke dalam silinder. Katup yang dikenal sebagai intake terbuka, menarik udara dan bahan bakar.

Ketika piston mencapai bagian bawah silinder, katup masuk menutup dan piston kembali ke posisi normalnya lebih tinggi di dalam silinder. Ini akan menekan campuran udara dan bahan bakar.

ATV modern memiliki transmisi otomatis variabel kontinu (CVAT). Ini terhubung ke mesin. Karena otomatis, pengemudi tidak perlu khawatir untuk mengganti persneling karena ATV akan melakukannya untuk mereka.

Ini berguna jika Anda menggunakan ATV untuk keperluan tenaga kerja. Ini akan memilih peralatan terbaik untuk pekerjaan itu tergantung pada berat, kecepatan, dan jumlah usaha yang dibutuhkan tugas. Yang harus dilakukan pengemudi hanyalah menekan throttle.

Beberapa model ATV memang memiliki transmisi manual. Kopling untuk memindahkan gigi mungkin ada di setang, atau mungkin model yang dipasang di pedal kaki.

Roda menjadi sedikit lebih rumit ketika berbicara tentang ATV, karena mereka adalah salah satu komponen utama yang memberikan keunggulan dibandingkan kendaraan lain dan menjadikannya unik. Mereka ada di sana untuk mengatasi jalan setapak dan memungkinkan Anda pergi ke tempat-tempat yang tidak dapat dilakukan kendaraan lain.

Roda yang Anda pilih semuanya memiliki ukuran yang sesuai. Terkadang Anda mungkin membutuhkan roda yang besar dan tebal dan terkadang Anda membutuhkan yang lebih kecil. Pengukuran dilakukan dalam diameter, lebar, dan offset.

Mengukur roda ATV bisa jadi rumit. Serangkaian angka, yang masing-masing berkorelasi untuk memberi tahu Anda diameter, lebar, dan offset, menunjukkan pengukuran. Anda dapat menggunakannya untuk membeli roda baru dan memilih ban.

Pengukuran pertama adalah tinggi (diameter) roda. Di sinilah Anda perlu memperhatikan, karena ini bukan hanya kasus pengukuran lurus. Anda harus melakukan pengukuran dari tengah bead seat ke tepi bead seat yang berlawanan.

Ini karena banyak roda memiliki ukuran bibir dan manik yang berbeda. Melakukan pengukuran yang salah dapat mengakibatkan Anda membeli ban yang salah. Mendapatkan lebarnya jauh lebih mudah, karena Anda hanya perlu mengukur dari luar roda ke manik bagian dalam.