Tabung Gas Bocor? Jangan Panik, Segera lakukan Ini

Tabung Gas Bocor? Jangan Panik, Segera lakukan Ini. Kebocoran tabung gas menjadi salah satu masalah utama dan paling banyak terjadi, meskipun hal ini sudah coba diantisipasi dengan penggunaan regulator yang terbilang aman.

Tak tanggung-tanggung, kebocoran tabung gas ini bisa saja menimbulkan masalah, bahkan kebakaran dalam skala yang besar. Hindari masalah kebocoran tabung gas dengan langkah yang tepat, sehingga berbagai masalah tidak perlu terjadi di rumah Anda.

Tidak perlu panik, sebab kepanikan Anda bahkan bisa saja membuat tak bisa berpikir jernih. Tetaplah tenang dan lakukan langkah tepat untuk mengatasi kebocoran gas dengan segera.

Ketika sudah mencium aroma gas bocor segeralah untuk melepaskan regulator dari tabung gasnya. Untuk melepaskan regulatornya lakukan dengan hati – hati dan pastikan regulator tercabut dengan sempurna, agar tidak memicu kebocoran gas yang lebih parah.

Jika tabung gas bocor hindari kontak langsung dengan listrik dan api. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari terjadinya ledakan pada tabung gas.

Ketika gas mengalami kebocoran, gas akan menyebar dengan cepat di area dapur, hal ini mengharuskan kamu membuka ventilasi udara di dapur. Buka jendela atau ventilasi dengan lebar agar udara bersih masuk dan gas keluar. Apabila diperlukan lepaskan regulator dari tabung gas dan bawa tabung gas keluar ruangan.

Ketika gas mengalami kebocoran ada kemungkinan terdapat percikan api kecil yang timbul. Jika hal ini terjadi Sahabat harus tetap tenang dan segera ambil kain basah untuk menutup tabung gas dan memadamkan api. Selain untuk memadamkan api, kain basah juga akan menghindari terjadinya ledakan pada tabung gas.

Mengalami tabung bocor dirumah memang membuat kita menjadi was – was, oleh karena itu sebaiknya Sahabat menyediakan alat pemadam api ringan yang sesuai dengan ukuran ruang masing – masing.