Teknik Dasar Mengecat dengan Spray Gun (Alat Semprot)

Panduan Mengecat Lengkap Dengan Spray Gun. Teknik Dasar Mengecat dengan Spray Gun (Alat Semprot). Alat cat semprot atau spray gun merupakan peralatan wajib bagi bengkel body repair atau workshop furniture. Spraygun adalah suatu peralatan pengecatan yang menggunakan udara kompresor untuk mengaplikasi cat yang diatomisasikan pada permukaan benda kerja.

Spraygun menggunakan udara bertekanan untuk mengatomisasi / mengabutkan cat pada suatu permukaan. Prinsip pengecatan semprot dengan menggunakan spray gun sama halnya seperti pada atomisasi semprotan obat ntamuk.

Apabila udara bertekanan dikeluarkan dari lubang udara pada air cap, maka tekanan negatif akan timbul pada ujung fluida, yang selanjutnya menghisap cat pada cup. Kemudian cat yang dihisap ini disemprotkan sebagai cat yang diatomisasi (dikabutkan).

Jarak antara spray gun dan area yang dicat untuk masing-masing cat berbeda, tergantung dari proses dan obyek yang akan dicat. Apabila spray gun dipegang terlampau dekat dengan permukaan yang dicat, maka akan berakibat jumlah cat yang teraplikasi menjadi banyak dan menghasilkan lapisan yang lebih tebal dan dapat meleleh.

Sebaliknya, apabila spray gun dipegang pada jarak yang lebih jauh, volumenya akan berkurang sehingga akan menghasilkan lapisan yang tipis dan kasar, jarak spraygun secara umum 15-20 cm, untuk jenis acrylic lacquer : 10 – 20 cm dan enamel: 15 – 25 cm

Sudut Spray Gun itu merupakan orientasi (arah) daripada spray gun dalam hubungannya terhadap permukaan panel. Spray gun harus dipegang agak lurus secara konsisten terhadap permukaan panel, balk pada arah vertical maupun horizontal. Apabila tidak demikian, maka hasilnya akan menjadi kurang rata

 

Jika terlalu lambat, cat akan meleleh, bila terlalu cepat maka hasil pengecatan kurang rata. Jika kecepatannya kurang stabil maka akan diperoleh hasil pengecatan yang tidak rata dan kurang mengkilap. Kecepatan gerak spraygun harus konstan, yang dianjurkan kira-kira 900 – 1200 mm/detik

Overlapping adalah suatu teknik pengecatan pada permukaan benda kerja, sehingga penyemprotan yang pertama dan berikutnya akan menyambung.

Tujuannya adalah:

pada artikel berikutnya akan kami ulas mengenai jenis spray gun dan teknik detailnya.

 

Untuk menyetel sebuah spray gun, tentunya kita juga harus memahami bagian-bagian dari spray gun. Nah, gambar di bawah ini merupakan bagian-bagian dari sebuah spray gun secara umum.

menyetel spray gun yang benar yaitu sebagai berikut.