Teknik Pemotongan Logam dengan Busur Plasma

Teknik Pemotongan Logam dengan Busur Plasma. Pemotong plasma sangat sering digunakan dalam industri seperti pembuatan kapal, teknik mesin, serta dalam pembuatan struktur logam, utilitas, dll. Selain itu, pemotong plasma sering digunakan di bengkel pribadi. Ini dapat digunakan untuk dengan cepat dan efisien memotong bahan apa pun yang mengalirkan arus, dan beberapa bahan non-konduktif – kayu, batu dan plastik.

Peralatan ini terdiri dari elemen-elemen berikut:

Sumber tenaga untuk mesin pemotong plasma memasok obor plasma dengan kekuatan arus tertentu biasanya menggunakan inverter atau transformator.

Inverter cukup ringan, ekonomis dalam hal konsumsi energi, murah, namun mampu memotong benda kerja dengan ketebalan kecil. Karena itu, inverter hanya digunakan di bengkel pribadi dan pabrik kecil.

Pemotong plasma inverter memiliki efisiensi 30% lebih tinggi daripada pemotong transformator dan memiliki pembakaran busur yang lebih baik dan sering digunakan untuk bekerja di tempat yang sulit dijangkau.

Transformer jauh lebih berat, menghabiskan banyak energi, tetapi pada saat yang sama memiliki kepekaan yang lebih rendah terhadap penurunan tegangan, dan dengan bantuannya mereka memotong benda kerja yang tebal.

Pemotong plasma dianggap sebagai elemen utama dari pemotong plasma. Elemen utamanya adalah:

Kompresor diperlukan untuk memasok udara. Prinsip operasi pemotongan plasma melibatkan penggunaan gas pelindung dan pembentuk plasma. Untuk perangkat itu dirancang untuk ampere hingga 200 A., hanya udara terkompresi yang digunakan untuk pendinginan dan pembangkit plasma. Mereka mampu memotong benda kerja setebal 50 mm.

Kabel-hosepack digunakan untuk menghubungkan kompresor, catu daya, dan obor plasma. Melalui kabel listrik dari inverter atau transformator, arus mulai mengalir untuk membangkitkan busur listrik, dan melalui selang, udara terkompresi disuplai, yang diperlukan untuk pembentukan plasma di dalam obor plasma.

Klasifikasi berdasarkan gas plasma, di bawah ini adalah metode pemotongan dengan busur plasma berdasarkan material yang akan dipotong dan ciri-cirinya :