Tips Membeli Pintu Kayu Agar Tidak Susut dan Melengkung

Tips membeli pintu kayu agar tidak susut dan melengkung. Pintu kayu masih digunakan hampir sebagian besar properti. Meslipun banyak produk olahan pengganti kayu untuk pintu namun pintu kayu masih belum tergantikan dari segi keindahan dan motifnya.

Kayu sebagai material pintu mempunyai beragam keunggulan. Kayu sangat mudah dibentuk sehingga beragam motif dan desain pintu bisa diterapkan. Pengerjaan kayu tidak memerlukan peralatan berteknologi tinggi, bisa dilakukan oleh tukang terampil bahkan dengan peralatan sederhana.

Selain itu kayu mempunyai motif serat natural yang belum bisa ditandingi oleh material apapun. Pintu kayu juga bisa difinishing dengan beragam material finishing, mulai dari melamin, hingga lacquer atau cat duco.

Namun, seringkali terjadi masalah yang sering dialami oleh pemilik rumah atau properti. Yaitu pintu sulit ditutup akibat muai dan susut atau pintu menjadi melengkung dan berubah dari bentuk awalnya.

Masalah lain yang sering muncul adalah sambungan antar kayu yang retak dan terbuka, sehingga merusak estetika keindahan pintu.

Berbagai persoalan teraebut sebenarnya hanya bersumber dari satu hal yaitu kayu belum cukup kering saat pengerjaan. Kayu jika mau dibuat pintu mensyaratkan kekeringan hingga 12%. Tingkat kekeringan ini hanya bisa dicapai dengan pengeringan menggunakan oven atau kiln dry. Pengeringan secara alami bisa juga dilakukan namun memerlukan waktu yang cukup lama dan ini bagi produsen tentu menghambat dari segi waktu.

Beberapa produsen skala kecil atau rumahan biasanya mengeringkan kayu dengan cara disusun dan antar kayu diberi stick untuk sirkulasi udara. Ada juga yang disusun vertikal dan dijemur, pengecekan kadar kekeringan biasanya hanya dilakukan melalui kesan raba tanpa menggunakan mc meter atau alat uji.

Pengeringan kayu adalah suatu proses pengeluaran air dari dalam kayu hingga mencapai kadar air yang seimbang dengan lingkungan dimana kayu akan digunakan tanpa menurunkan kualitas kayu tersebut.

Keuntungan utama mengeringkan kayu sebelum dijadikan produk, antara lain :

Keuntungan utama mengeringkan kayu sebelum dijadikan produk, antara lain :

Kenapa material pintu harus wajib kering maksimal? Sebab pintu bukan furniture yang selalu diam, dia akan terus dibuka tutup, sehingga ketika terjadi susut kayu maka akan menjadi masalah sulit ditutup.

Oleh karena itu sebelum membeli atau memesan pintu harus perhatikan hal-hal berikut:

Demikian tips membeli pintu kayu agar terhindar dari pintu susut atau melengkung. Semoga bermanfaat.