Tips Praktis Merancang Interior Ruang Tamu Klasik

Ada banyak orang yang punya selera mengenai interior. Ada yang suka gaya minimalis namun ada pula yang senang dengan gaya klasik. Jika senang dengan gaya yang lebih klasik, kamu bisa merancang dengan berbagai cara. Berikut ini tips praktis untuk merancang interior ruang tamu klasik.

Salah satu ciri khas interior dengan gaya klasik adalah detail yang cukup banyak dan bisa dibilang khusus. Dengan demikian, jika kamu ingin membuat interior klasik jangan lupa untuk memperhatikan setiap detail dari interior. Hal ini akan membantu kamu untuk tidak membuat desain yang terkesan sembarangan.

Jika kamu menginginkan gaya yang lebih modern memang kamu bisa mengurangi detail yang rumit. Hal ini supaya menampilkan gaya interior yang lebih sederhana. Kamu bisa memilih furnitur yang lebih modern. Namun jika suka dengan gaya yang benar-benar klasik. Maka, kamu harus memperhatikan detailnya.

Salah satu prinsip dari gaya interior klasik adalah aksen yang tepat. Untuk interior yang klasik, kamu bisa memberikan warna yang lembut misalnya warna hazelnut atau coklat muda. Dengan warna inilah yang bisa memberikan aksen dan gaya yang lebih anggun dan glamor. Kamu juga bisa menambahkan garis cornice pada bagian langit-langit.

Jika ingin memiliki interior klasik yang lebih dinamis, kamu bisa menggabungkan shading warna. Misalnya aksen yang berwarna kuning dicampur dengan warna krem. Tak hanya memunculkan  kesan yang berkelas, warna cerah seperti kuning akan memberikan warna tersendiri pada gaya klasik.

Kamu juga bisa memakai warna mint untuk gaya klasik yang lebih sederhana. Aksen mint sendiri akan tetap tampak serasi bila dipadukan dengan perabot antik. Apalagi interior bisa lebih terkesan manis. Gaya seperti ini bisa diterapkan pada area dapur maupun ruang makan.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat menata interior ruang tamu klasik adalah dari perabotan hingga warna yang dipilih. Perabotan dari gaya rumah klasik umumnya terbuat dari material kayu solid. Semua perabot mulai dari meja sampai lemari umumnya akan lebih cocok jika memakai kayu solid. Apalagi bisa memberikan kesan mewah dan mahal.

Tak hanya bahannya saja yang harus diperhatikan. Kamu juga harus memilih warna-warna klasik yang lebih natural. Sebut saja warna tanah hingga cokelat. Tentu saja warna ini cukup cocok bila dikolaborasikan dengan interior yang lebih modern.

Selain itu, pemilihan furniture mewah dan elegan bisa diperhatikan dari segi ruangan. Kamu bisa memfokuskan pemilihan perabot mewah pada ruang tamu, ruang keluarga hingga ruang makan. Jika masih ada tempat, jangan lupa untuk menambah aksen patung Romawi Kuno hingga berbagai dekorasi tanaman.

Tips merancang interior ruang tamu klasik berikutnya adalah pemakaian material maupun aksesoris yang tepat. Kamu bisa meletakkan perabot dan aksesoris yang berat di area public misalnya ruang tamu. Namun, pilih segala sesuatu yang lebih ringan di wilayah pribadi seperti tempat tidur.

Pilih juga aksesoris yang lebih ringan. Misalnya stainless steel atau kaca yang transparan. Hal ini akan membuat interior jadi tetap klasik namun tidak terlalu berat. Hal ini sangat cocok untuk rumah yang tidak begitu luas. Kamu juga bisa meletakkan cermin guna membuat interior ruang tamu klasik menjadi lebih modern.