Tranquil Dawn Trend Warna Dulux 2020, Warna yang Menenangkan

Tranquil Dawn Trend Warna Dulux 2020, Warna yang Menenangkan.Setiap akhir tahun berbagai perusahaan cat kelas dunia selalu merilis warna yang akan dijadikan icon atau culture trend warna. Salah satunya adalah Dulux Akzonobel, Meriset warna sesuai dengan trend dan karakter selera konsumen.

Warna Tranquil Dawn diperkenalkan sebagai Colour of the Year untuk tahun 2020 oleh Dulux, merek cat dinding dekoratif dari AkzoNobel. Tahun 2020 merupakan awal dekade baru yang dipersepsikan sebagai permulaan yang baru.

Para ahli warna dari AkzoNobel  menciptakan Tranquil Dawn, sebuah warna baru yang terinspirasi dari keindahan langit di pagi hari. Di tahun 2020 Dulux ingin mengajak banyak orang untuk membuat kehidupan yang lebih baik dan bermakna, seperti bercengkrama dengan keluarga di rumah, serta menemukan rasa nyaman dan tenang di tempat tinggalnya.

Tranquil Dawn merupakan cerminan dari aspirasi tersebut. Sebuah warna yang dapat mengembalikan manusia pada sisi kemanusian human touch, serta menemukan makna dalam kehidupan.

“Warna yang dipilih sebagai Dulux Colour of The Year merupakan warna yang didasari oleh penelitian yang matang, sehingga memiliki filosofi yang kuat. Tahun ini kami meluncurkan warna dengan harapan di tahun yang baru. Kita dapat merefleksikan diri menjadi manusia yang lebih positif,” kata Indra Laban, President Director PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) dalam konferensi pers Dulux Colour of The Year 2020 di Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Pemilihan Dulux Colour of the Year dilakukan setiap tahun untuk membantu konsumen dalam menentukan pilihan warna dan desain melalui inspirasi, visualisasi, pilihan produk dan aplikasi. Konsumen dapat menggunakan sejumlah alat yang telah tersedia untuk menentukan pilihannya. Yaitu, dengan menggunakan colour tester dan solusi digital inovatif seperti Visualizer.

Tahun ini Dulux berkolaborasi dengan desainer interior profesional Alvin Tjitrowirjo, pemilik AlvinT Studio, untuk menampilkan warna Tranquil Dawn melalui desain instalasi ruang dalam konferensi pers.

Warna teduh halus di antara hijau, biru dan abu-abu, merupakan fitur Tranquil Dawn yang diturunkan pada keempat palet Colour of The Year 2020. Masing-masing palet tersebut. Yaitu, The Care Pallete campuran warna netral dan lembut yang diilhami oleh pagi di musim semi, The Play Palette mewujudkan energi transformatif dari hari musim panas yang cerah, The Meaning Pallete mengingatkan akan cakrawala cerah dan sejuk di hari musim dingin, dan The Creativity Pallete yang dipenuhi nada-nada yang intens dan kaya dari hari musim gugur yang hangat.

Selain itu dalam konferensi pers Dulux juga mengundang Reza Gunawan, seorang praktisi penyembuhan emosional, untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh warna terhadap suasana hati dan emosi. “Dalam ilmu penyembuhan tradisional, warna juga punya peranan dan fungsi kesehatan bagi tubuh manusia. Palet warna Tranquil Dawn yang tenang seperti warna fajar baru terbit, menenangkan kita dengan sentuhan warna alaminya,” ujar Reza.