Sebagaimana kita tahu, fungsi utama dan paling mendasar dari jembatan adalah sebagai sarana penghubung dalam transportasi darat.

 

Dari fungsi utama jembatan, tentu ada fungsi2 lain dalam perancangan sebuah jembatan. Misalnya :

 

  1. Dari segi pengguna, kita harus tau siapa saja yg akan menggunakan jembatan, dalam hal ini adalah jenis kendaraan yg akan melewati jembatan tersebut. Misalnya pejalan kaki, kendaraan roda dua saja, kendaran pribadi roda empat, truk, atau gabungan dari semuanya. Mengapa ini penting? Ya, ini nantinya akan berhubungan dengan perkuatan jembatan yang akan kita bangun, kendaraan2 diatas dalam dunia konstruksi biasa disebut sebagai beban hidup atau beban berjalan.
  2. Lokasi, mengapa lokasi perlu diperhitungkan? Ya, lokasi juga sangat penting dalam perancangan jembatan. Misal, lokasi dengan daerah rawan seperti rawan gempa bumi, banjir, angin kencang tentu berbeda2 dalam proses perancangannya, semua itu nantinya akan diperhitungkan dalam permodelan bentuk jembatan dan pembebanan khususnya.
  3. Fungsi lain jembatan, selain dari fungsi utama yg dijelaskan di awal, tentu ada fungsi lain yg di butuhkan dari perancangan sebuah jembatan. Misalnya, sebagai salah satu ikon kota/daerah yg nanti akan digunakan sebagai objek wisata dan itu nanti akan berpengaruh pada arsitektur jembatannya dengan mempertimbangkan jenis beban2 di atas.
  4. Hal-hal lain seperti jangka waktu penggunaan, biaya maksimal dan lain sebagainya.

 

Mungkin itu dari saya, semoga dapat membantu dan menambah sedikit pengetahuan.