Sebenarnya banyak sekali faktor yang membuat bangun menjadi kokoh diantaranya struktur, pondasi, desain dinding dan lain sebagainya

 

Tapi diantara beberapa faktor yang paling berpangaruh ada bahan material yang digunakan. Untuk bangunan - bangunan sederhana bahan seperti bata merah , batu kali misalnya itu bersifat fleksibel bagi pembangunan dalam dengan tingkat rendah.

 

Perbeda dengan bangunan yang tingkat tinggi seperti gedung dan stadion maka dalam konteks tersebut bahan-bahan sederhana tidak cocok unutk digunakan, bahkan bisa berbahaya terhadap konstruksi. Material yang paling cocok sebagai bangunan tersebut adalah beton atau gipsum. Karena beton memiliki kekuatan konstruksi lebih kuat dari pada bata, baik dalam segi kuat tekan mau kuat tarik. Meskipun sering kali beton di kombinsikan dengan baja karena baja memilik kuat tarik dan tekan yang tinggi dan seimbang. Selain itu juga beton memilik tahan terhadap api dan air yang dari bahan lain.

 

Tapi bagaimanapun setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri sebagaimana beton memiliki jangka pemasangan yang lama dan butuh perawatan yang ekstra dalam jangka waktu yang lama dari pada bahan bangunan yang lain.