Cara Memasang AC Split dengan Mudah dan Tepat

Cara Memasang AC Split dengan Mudah dan Tepat. Memasang AC split harus memperhatikan prosedur instalasi yang benar. AC split yang tidak dipasang dengan baik tidak hanya memiliki efisiensi rendah dan mengonsumsi lebih banyak energi, tetapi juga akan membutuhkan siklus perawatan yang lebih sering.

Split AC harus dipasang di dinding yang kuat yang dapat menampung unit indoor dan outdoor secara bersamaan. Meskipun unit luar tidak dipasang di dinding yang sama, dinding yang kuat akan memastikan tidak ada getaran yang masuk ke dinding. Selain itu, pastikan ada jarak 15 cm di atas dan sisi unit AC dalam ruangan. Ketinggian idealnya harus 210 cm di atas tanah.

 

Sekarang, pegang pelat pemasangan di dinding tempat Anda ingin memasang unit dalam-ruang. Pastikan pelatnya horizontal tidak miring. Jika tidak memiliki waterpass / level gelembung, gunakan meteran pengukur untuk hal yang sama.

Setelah mencapai posisi horizontal, gunakan pensil untuk menandai titik-titik di mana pengeboran akan dilakukan untuk baut. Sekarang bor lubang pada tanda dan masukkan fischer atau dinabolt pada dinding. Pegang pelat pemasangan dan kencangkan sekrupnya. Terakhir, bor lubang sekitar 7-8 cm pada posisi yang sesuai untuk pipa dan kabel keluar ke unit AC split luar ruangan.

 

Sekarang lepas penutup depan AC split dan angkat ke arah pelat pemasangan. Melalui lubang outlet yang dibor di dinding, lewatkan melalui dua pipa tembaga, pipa drainase dan kawat.

Pastikan tikungan di pipa tembaga mulus untuk menjaga kinerja pendinginan yang baik. Lebih disukai, ikat keempatnya menjadi satu dengan pita listrik. Sekarang pasang unit AC dengan hati-hati pada pelat pemasangan. Juga, pasang penutup depan ke AC.

Harus ada jarak setidaknya 30-35 cm antara sekeliling peralatan lain di luar ruangan untuk memastikan kinerja yang optimal. Selain itu, hindari tempat yang terkena sinar matahari langsung atau berdebu.

 

Setelah memilih area pemasangan yang tepat, mulailah dengan membuat lubang bor untuk braket. Pastikan  sejajar horizontal. Kencangkan braket dengan bantuan sekrup dan baut yang dikirimkan.

 

Sekarang angkat unit luar ruangan dari AC split dan letakkan di braket pada saat yang sama pastikan lubang sekrup braket dan unit AC bertepatan. Baut unit AC dengan braket kuat-kuat.

 

Buka penutup di atas port listrik. Menurut diagram koneksi unit AC, sambungkan kabel daya ke unit luar ruangan. Anda perlu menghubungkan kabel seperti yang disarankan pabrikan untuk menghindari kerusakan.

 

Sebelum menyambungkan pipa tembaga, gunakan pompa vakum untuk membersihkan pipa tembaga. Sekarang sambungkan pipa tembaga ke port pipa yang sesuai dengan bantuan mur suar. Pastikan mur suar tertutup rapat. Sekarang buka kedua katup gas.