Cara Mencuci & Membersihkan Skuter Listrik yang Benar

Sekarang ini, skuter listrik sudah menjadi salah satu kendaraan listrik yang banyak dikendarai orang. Skuter listrik ini digunakan untuk berkeliling, bermain, atau bahkan untuk berangkat bekerja. Namun, oleh karena pemakaian sehari-hari di lingkungan luar itulah, e-skuter tak terhindarkan dari kotor karena debu, cipratan air, atau hal lainnya.

Ketika akhirnya skuter listrik kotor, tentu Anda ingin segera membersihkannya. Tapi mungkin Anda masih bingung mengenai bagaimana cara yang benar untuk membersihkan skuter listrik tersebut. Sementara sebagai kendaraan listrik, perangkat ini tidak terlalu bersahabat dengan air. Jadi ketika Anda mencucinya dengan air akan beresiko membuat beberapa komponennya rusak.

Tidak sedikit orang yang memperlakukan skuter listrik seperti kendaraan pada umumnya. Jadi saat kendaraan kotor akan langsung dicuci memakai semprotan air melalui selang. Padahal metode tersebut bisa melukai e-skuter dari luar dan dalam. Meskipun sehabis dicuci skuter langsung dijemur, hal tersebut tetap dapat meninggalkan uap air di bagian dalam. Umur baterai dan motor pun akan menjadi lebih pendek karena fungsinya terganggu.

Jadi, Anda tidak dapat sembarangan menggunakan semprotan air ke skuter listrik jika tidak memiliki keahlian khusus. Mengingat skuter listrik adalah kendaraan berdaya elektrik, maka keceteledoran dalam mencucinya bisa berakibat kebocoran listrik. Lalu bagaimana cara membersihkan skuter yang aman dan tepat? Simak pembahasan di bawah ini!

Sebelum membersihkan atau mencuci skuter listrik Anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu seberapa sering harusnya skuter listrik dibersihkan. Banyak orang berpikir bahwa semakin sering dicuci atau dibersihkan berarti semakin bagus dan kinclong. Sayangnya pemikiran tersebut tidak cocok untuk skuter listrik.

Kalian harus mengerti bahwa skuter lustrik tidak memiliki pelindung air yang memadai pada tiap komponennya. Bahkan pada skuter listrik waterproof pun tidak disarankan untuk terlalu sering terkena air. Oleh karena itu, untuk menghindari kebocoran listrik, sebaiknya skuter listrik tidak terlalu sering dicuci.

Lalu kapan kita harus membersihkan skuter listrik? Skuter listrik sebaiknya dicuci hanya ketika menghadapi dua kondisi khusus. Pertama ketika skuter sudah sangat kotor dan kedua ketika skuter hendak disimpan dalam waktu lama. Para profesional menghimbau agar skuter listrik dibersihkan secara menyeluruh agar tak ada kotoran terselip di komponen.

Tidak perlu banyak alat untuk membersihkan skuter listrik Anda. Jadi tak perlu khawatir bahwa alat-alat ini akan memakan banyak ruang di garasi Anda. Ini dia alat-alat yang perlu disiapkan: