Cara Mengatur Bunga di Halaman Rumah Agar Cantik

Halaman rumah bisa tampak cantik dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan bunga. Kamu perlu melakukan beberapa cara untuk mengatur bunga supaya halaman di depan rumah tampak cantik. Apa saja caranya?

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan sebelum mengatur taman di halaman ada menyiapkan pot. Ukuran teras akan mempengaruhi pemilihan pot. Misalnya halaman rumahmu termasuk luas, maka ada baiknya memakai pot yang besar. Begitu pula bagi kamu yang punya ukuran teras kecil.

Ingat bahwa bagian depan halaman rumah bisa dijadikan tempat untuk bersantai. Maka dari itu, jangan memakai banyak tanaman yang berlebihan. Jika terlalu banyak bunga justru akan tampak seperti hutan. Hal yang perlu dihindari adalah menutup bagian penting rumah seperti menutup bagian jendela bagkan pintu rumah.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pengaturan bunga sebaiknya disesuaikan dengan luas lahan. Jangan sampai memakai bunga dan pot yang besar tetapi bagian lahan rumahnya tak cukup besar. Jika lahan rumah sempit, ada baiknya kamu mengatur bunga di halaman dengan memilih bunga berukuran kecil.

Untuk menambah kesan manis, kamu bisa menambahkan rumput. Hindari menanam langsung ke tanah karena akan memakan banyak tempat. Tanam bunga di daalam pot dan letakkan di pinggir taman. Agar semakin indah dan unik, kamu juga bisa memasang pot gantung. Biarkan bagian tengah tetap kosong karena taman akan tampak lebih luas.

Perpaduan warna bunga dan rumput hijau akan memberikan warna tersendiri bagi halaman rumah. Desain dengan perpaduan warna hijau dan bunga termasuk yang ideal untuk dilakukan. Agar taman bunga semakin cantik di malam hari, kamu bisa memberikan lampu untuk sebagai penerangan.

Jangan lupa untuk menambahkan bebatuan di sisi-sisi taman untuk menjadi jalan setapak menuju ke rumah. Warna batuan alam juga membuat taman semakin indah. Tak lupa kamu bisa menambahan tanaman hijau berwarna kuning di sisi pinggir. Hal ini menambah kecantikan setelah ada tanaman bunga berwarna-warni di bagian tengah.

Konsep juga menjadi penting sebelum kamu mengatur bunga di halaman. Misalnya jika kamu ingin fokus pada bunga yang berwarna-warni, kamu tinggal fokus menaruh bunga di bagian tengah taman. Ini akan membuat bunga menjadi pusat perhatian bagi siapa saja yang melewati taman tersebut.

Sebaliknya jika kamu ingin tetap tampak natural dengan banyak warna hijau, kamu bisa menaruh bunga di bagian pinggir saja. Bagian tengah bisa kamu tambahkan tanaman hias atau menanam rumput. Begitu pula dengan pemilihan pot yang tepat.

Ada banyak jenis pot yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. MIsalnya kamu suka gaya yang lebih natural maka pemakaian pot dari kayu adalah pemilihan yang sesuai. Jika kamu ingin bergaya minimalis, kamu bisa memakai pot berwarna putih atau hitam. Kamu juga bisa menggantung tanaman untuk memberikan kesan yang klasik dengan berbagai tambahan ukiran.

Mengaur bunga di halaman tentunya bukan hal yang mudah. Kamu harus membuat konsep yang tepat. Jangan lupa sesuaikan dengan kondisi halaman supaya bisa membuat taman semakin indah dan tampak berkonsep. Jika tidak memakai konsep maka halaman bisa justru terlihat jelek dan asal-asalan.