Cara Merawat Baterai Skuter Listrik agar Awet dan Tahan Lama

Baterai merupakan salah satu komponen vital dari skuter listrik sehingga harus dijaga dengan baik. Apalagi mengingat harga baterai e-skuter sangatlah mahal jika harus ganti baru. Meskipun e-skuter memiliki garansi resmi, khusus untuk baterainya memiliki garansi sendiri yang waktunya lebih pendek. Sehingga setiap pemilik skuter listrik harus benar-benar merawat baterainya agar tetap awet dan sehat.

Belajar mengendarai skuter memang mudah. Tidak perlu waktu lama sampai pemula bisa menguasai teknik dasarnya. Berkeliling menggunakan e-skuter juga terasa lebih menyenangkan karena Anda bisa berkendara sambil menikmati suasana kota. Namun seperti semua kendaraan, e-skuter harus dirawat dengan baik agar tetap berfungsi optimal.

Salah satu bagian skuter listrik yang harus diberi perhatian khusus adalah baterai. Selain garansinya yang lebih pendek, produsen skuter listrik biasanya mengklaim bahwa umur baterai hanya mencapai 300 sampai 500 kali pengisian penuh. Maksudnya, bukan berarti setelah 500 kali dicharge maka e-skuter akan mati. Tapi, pasca 500 siklus pengisian, kapasitas baterai e-skuter akan berkurang sekitar 25%-30%.

Berkurangnya kapasitas baterai sepanjang waktu akan menyebabkan skuter listrik kehilangan tenaga secara berkala. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa memperpanjang umur baterai skuter listrik secara signifikan dengan merawatnya dengan benar. Apabila dirawat dengan benar, umur baterai skuter listrik bisa lebih panjang 2 hingga 3 tahun. Ikuti tips-tips berikut agar baterai e-skuter tetap sehat dan awet:

Baterai skuter listrik harus selalu diisi dan tidak boleh dalam keadaaan habis sama sekali. Meskipun rata-rata pengguna skuter listrik tidak menghabiskan seluruh baterai dalam sekali berkendara, Anda tetap harus mengisinya setiap malam seusai dipakai. Jangan sesekali menghabiskan baterai hingga 0% karena minimal yang sehat adalah 10 %. berikut ini cara mencharge e-skuter yang benar:

Selalu gunakan charger resmi keluaran produsen skuter Anda. Setiap baterai memiliki pasangan charger bawaan yang sudah sesuai. Jadi, ketika charger ketinggalan atau rusak, jangan sesekali memakai charger e-skuter lain karena bisa merusak baterai. Harga charger resmi jauh lebih murah dibanding harus membeli baterai baru.

Jika Anda berencana pergi keluar kota dan tidak akan menggunakan e-skuter Anda dalam waktu lama, lakukan persiapan yang baik agar penyimpanannya aman. Skuter yang hendak disimpan lama harus terisi dayanya minimal 40 sampai 50%. Itu pun paling lama 30 hari, jadi skuter harus dicharge setidaknya sebulan sekali. Apabila skuter dibiarkan lebih dari satu bulan tanpa dicharge maka baterai akan kehilangan fungsinya secara permanen.

Skuter listrik beserta baterainya harus disimpan di tempat yang kering dengan suhu ruangan optimal. Jangan meletakkan skuter listrik di tempat dengan suhu dingin karena proses pembekuan bisa membuat baterai rusak permanen. Juga jangan biarkan di bawah terik sinar matahari secara langsung agar baterai tidak menjadi panas. Masa pakai baterai bisa berkurang jika sering disimpan di lingkungan yang salah.