Cara Mudah Membuat Taman Kecil di Depan Rumah

Banyak orang yang ingin memiliki taman yang indah di depan rumah. Meski luas lahan tersebut kecil, banyak orang yang menginginkan memiliki taman impian. Kamu juga bisa membuat taman kecil yang ada di depan rumah loh. Ini dia beberapa caranya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat perencanaan. Kamu bisa memulai dengan memilih desain yang sesuai dengan keinginan. Coba mencari referensi di internet sehingga ada gambaran seperti apa bentuk taman yang diinginkan. Pilih jenis taman yang akan dibuat. Apakah berbentuk kebun sayur, bunga atau yang lainnya.

Sesuaikan desain yang kamu pilih dengan kondisi atau ukuran lahan. Perlu diingat bahwa taman sebaiknya terpisah dengan jalur masuk dan keluar rumah. Tentu saja hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada taman. Jika memang mau dibuat sama, ada baiknya gunakan pijakan kaki. Dengan demikian taman tidak akan mengalami kerusakan.

Tidak hanya bentuk atau desain, kamu juga harus menentukan lokasi dari taman yang akan dibuat. Kesuksesan bentuk taman ternyata juga bisa ditentukan dari lokasi. Ingat bahwa tanaman akan membutuhkan sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, pastikan posisinya dekat dengan matahari supaya tanaman tumbuh dengan maksimal.

Cobalah mencari bagian dari halaman yang akan terkena sinar matahari langsung. Bila memang dirasa tidak ada titik yang ideal, kamu bisa memilih beberapa area yang setidaknya terkena paparan matahari. Jangan lupa untuk cari yang dekat dengan sumber air. Dengan begitu perawatan tanaman akan dilakukan dengan mudah.

Saat membuat taman kecil, jangan hanya mencari tanaman yang disukai. Kamu harus memilih tanaman yang tepat. Jangan sampai lupa untuk mempertimbangkan cuaca dan cahaya matahari yang masuk.

Sebelum membeli tanaman, pastikan kamu mengetahui cara perawatan tanaman dengan tepat. Jangan segan menanyakannya kepada penjual. Pertimbangkan pula ukuran tanamannya. Jangan sampai ukuran tanaman terlalu besar sehingga kurang cocok dengan lahan taman.

Kamu juga perlu mengetahui bahwa tidak semua jenis tanah dapat dipakai untuk menanam. Agar sukses membuat taman di depan rumah, kamu bisa menambahkan unsur hara atau nutrisi. Untuk meningkatkan kualitas tanah, kamu bisa memanfaatkan sisa buah, sayur atau kotoran hewan sebagai pupuk organik.

Untuk meningkatkan kualitas tanah, kamu bisa melakukan beberapa cara. Pertama adalah melakukan pemberian pupuk secara merata. Setelah itu, lakukan pencangkulan tanah. Hal ini dilakukan supaya air dan oksigen bisa diserap dengan mudah oleh tanaman. Dengan demikian, tanaman bisa subur dan sehat.

Pastinya cara agar sukses membuat taman kecil di depan rumah adalah merawatnya. Perawatan tidak hanya menanam bibit saja. Kamu harus konsisten merawat tanaman misalnya menyiramnya hingga membersihkan tanaman dari hama. Jangan lupa untuk memakai pupuk dengan tepat.

Merawat tanaman memang menjadi hobi yang menyenangkan. Apalagi rumah akan tampak lebih rapi dan indah bila ada tanaman rapi di area depan. Apalagi taman juga bisa memberikan kesan sejuk dan asri. Hanya saja kamu harus tahu cara perawatan tanaman yang tepat. Tak masalah jika luas lahan di depan rumah yang sempit. Asal tahu cara merawatnya yang tepat maka akan tetap indah.