Catat, Ini Cara Mengatur Tanaman di Depan Rumah yang Tepat

Banyak orang yang sekarang sedang menggeluti hobi bercocok tanam. Tak hanya melihat keindahan dari tanaman tersebut, tentu saja ini bisa mengisi waktu luang dan menjadi hobi yang menyenangkan. Bila kamu baru saja mencicipi melakukan hobi ini, ketahui beberapa tips dan trik untuk mengatur tanaman di depan rumah dengan tepat.

Agar tampak rapi dan indah, kamu harus mempelajari cara para pedagang tanaman untuk menampilkan barang dagangannya. Agar tampak rapi dan indah, para pedagang umumnya akan mengelompokkan jenis tanaman yang sejenis dalam satu kelompok. Cobalah untuk mengaturnya supaya tampak rapi di dalam satu barisan.

Setelah mengelompokkan tanaman berdasarkan jenisnya, saatnya kamu untuk membuat barisan yang tepat. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengelompokkan dan membariskan tanaman. Usahakan untuk memberi jarak antar tanaman tersebut. Jangan lupa untuk membuat barisan yang jelas.

Kamu bisa membuat barisan dengan model melengkung, persegi, bulat atau bentuk yang memang sesuai dengan keinginan dan ruang depan rumah. Ada beberapa trik yang bisa kamu pakai. Misalnya jika halaman berbentuk kotak, kamu bisa membuat barisan dengan bentuk melengkung supaya tampak kontras. Penataan ini dilakukan supaya halaman tidak kaku.

Tips berikutnya adalah membuat sebuah titik yang menjadi pusat perhatian dari tanaman di depan rumah. Hal ini penting dilakukan supaya semua pandangan tertarik pada satu bagian saja. Dengan demikian, bagian tersebut bisa menjadi ikon dari halaman. Untuk membuat titik pusat ini pilihlah tanaman yang unggul dan tampak memiliki perbedaan dengan bunga lainnya.

Tidak hanya mengaturnya berdasarkan bentuk atau jenis bunga dan tanaman. Kamu juga bisa mengaturnya sesuai tinggi tanaman. Misalnya tanaman yang lebih tinggi bisa diletakkan pada bagian belakang. Sementara bagian yang lebih pendek terletak di bagian depan. Tak hanya dari tinggi saja, kamu juga bisa menyingkirkan tanaman yang sudah tidak sehat dan kering. Ini juga bisa mengganggu tanaman di depan rumah.

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatur tanaman adalah dengan memilih penyimpanan tanaman yang tepat. Misalnya jika halaman rumahmu kecil, maka kamu bisa menyimpan bunga atau tanaman hias di rak. Tentu saja ini akan membantu kamu agar tanaman tidak memakan banyak tempat. Kamu juga bisa memilih pot dengan model yang sesuai dengan gaya halamanmu. Misalnya memilih gaya rustic atau klasik.

Selain pot di dalam rak, kamu juga bisa memakai pot gantung loh. Pot gantung ini pastinya juga bisa menghemat ruangan. Tak hanya itu saja, pot gantung yang berukuran kecil juga bisa memberikan kesan minimalis terhadap halaman. Kamu juga bisa memakai pot gantung berukuran besar supaya halaman bisa tampak lebih asri dan rindang.

Terakhir, kamu bisa memaksimalkan sudut halaman untuk menyimpan berbagai tanaman. Jika ingin halaman tetap luas, kamu bisa mengumpulkan tanaman hias di bagian sudut halaman. Dengan demikian bagian lainnya akan tampak menjadi kosong dan luas. Ini juga menjadi trik mengatur tanaman di depan rumah supaya tampak lenggang.

Mengatur tanaman memang harus menggunakan teknik yang tepat. Tak masalah dengan luas halaman. Asalkan pengaturannya tepat maka kamu bisa mendapatkan halaman yang indah dengan susunan tanaman yang rapi dan enak dipandang.