Combiner Box Panel Listrik Surya, Instalasi Kotak Penggabung PLTS

Combiner Box Panel Listrik Surya, Instalasi Kotak Penggabung PLTS. Fungsi utama kotak penggabung atau (combiner box) adalah untuk menggabungkan string fotovoltaik modul agar mendapatkan arus keluaran larik fotovoltaik yang lebih tinggi.

Masing-masing String modul fotovoltaik dihubungkan pada busbar yang sama dan dilindungi secara elektrik maupun mekanis di dalam selungkup pelindung (enclosure).

Kotak penggabung combiner box umumnya berisi perangkat proteksi arus lebih (overcurrent protection) string, perangkat proteksi tegangan surja (surge protection device), busbar atau terminal tambahan, sakelar pemutus arus dan batang pembumian (grounding bar). Keluaran gabungan dari kotak penggabung tersebut kemudian dihubungkan langsung ke solar charge controller pada sistem DC-coupling atau ke inverter jaringan pada sistem AC-coupling.

Tergantung dari konfigurasi string, komponen di dalam kotak penggabung harus mampu beroperasi pada tegangan DC yang bisa mencapai 1000 VDC jika string yang tersambung memiliki sirkuit tegangan terbuka (open circuit voltage) hingga 1000 VDC .

Sistem AC-coupling dengan inverter jaringan biasanya memiliki tegangan masukan lebih tinggi hingga 1000 VDC dibandingkan solar charge controller pada sistem DC-coupling yang berada pada kisaran 150 VDC.

Meskipun sistem dengan tegangan lebih tinggi akan mengurangi rugi-rugi (losses) di sirkuit, sistem dengan tegangan rendah dapat menjadi pilihan terkait keselamatan operator dengan tegangan yang lebih rendah dan kurangnya ketersediaan komponen pendukung dengan tegangan hingga 1000 VDC.