Daftar Harga Air Cooler Beragam Merk Terbaik pada 2021

Harga Air Cooler Beragam Merk Terbaik pada 2021. Aktivitas di dalam ruangan kerapkali tidak berjalan maksimal dikarenakan terganggu oleh udara yang terlalu panas. Selama ini kita mengandalkan dua jenis alat pendingin udara yaitu kipas angin dan AC untuk mengatasi masalah tersebut. Padahal sebenarnya ada alat pendingin lain yang bisa dijadikan alternatif di antara kedua alat tersebut yaitu air cooler.

Air cooler adalah alat elektronik yang fungsi utamanya sebagai penyejuk ruangan maupun pelembab udara ruangan. Alat ini memiliki bentuk kotak yang di dalamnya terdapat kipas, wadah air atau es, dan pompa. Alat ini memang hampir mirip dengan AC atau air conditioner namun sebenarnya berbeda. Jika AC mengandalkan freon sebagai sumber energi untuk mendinginkan ruangan, air cooler menggunakan air atau es sebagai bahan bakar menyejukkan ruangan.

Meskipun tidak dapat menyaingi kinerja AC dalam mendinginkan ruangan, air cooler jauh lebih unggul dalam hal harga karena harga AC termasuk mahal. Alat ini juga mudah dirawat, lebih hemat listrik serta lebih ramah lingkungan dibanding AC yang penggunaannya lama-kelamaan bisa merusak lapisan ozon.

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa air cooler adalah alternatif terbaik antara kipas angin dan AC. Perangkat ini memang mempunyai dua fungsi utama yaitu sebagai kipas angin dan sebagai pendingin. Kedua fungsi tersebut berbeda dalam hal cara pengoperasiannya. Supaya tidak membuat bingung, simak dua cara menggunakan air cooler di bawah ini agar sesuai fungsinya.

Air cooler yang tangkinya tidak terisi air atau es akan secara otomatis beroperasi menjadi kipas angin. Angin yang dihasilkan dari perangkat ini lebih sejuk dibanding kipas angin biasa. Jika tangkinya terisi, lakukan langkah berikut ini agar air cooler menjadi kipas angin.

Sesuai namanya yaitu “cooler”, tentu orang membeli perangkat ini untuk dijadikan pendingin ruangan sebagi pengganti atau pendamping AC. Oleh karena air cooler memanfaatkan air es, sebelumnya Anda harus sudah menyiapkan ice pack beku. Kemudian, inilah cara menggunakannya:

 

Air Cooler fungsi utamanya sebagai penyejuk ruangan maupun pelembab udara dalam ruangan