Daftar Harga Cooker Hood Berbagai Merk Terbaik

Cooker hood atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai alat penghisap asap dapur merupakan alat yang berfungsi menyedot asap serta debu dan uap yang muncul karena aktivitas memasak di dapur. Selain memasang exhaust fan ataupun ventiasi, cooker hood perlu ditambahkan di dapur agar udara sekitar dapur menjadi lebih bersih dan segar. Alat ini sangat cocok digunakan untuk dapur modern, baik di rumah maupun di restoran.

Alat penghisap asap dapur banyak disarankan oleh para ahli karena alat ini sekaligus dapat meningkatkan kesehatan orang di sekitarnya. Udara kotor yang berasal dari dapur akan terhirup oleh orang-orang sehingga tak jarang mengakibatkan infeksi saluran pernapasan. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda mulai mempertimbangkan untuk memiliki alat ini.

Namun, cooker hood tersedia dalam berbagai pilihan jenis dan model sehingga Anda harus lebih teliti saat hendak membelinya. Agar tak salah pilih sembarangan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut saat memilih produk cooker hood.

Dengan nama alat penghisap, tentu hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah daya hisap atau daya ekstrasinya. Apalagi jika dapur sering dipakai untuk aktivitas yang menimbulkan banyak asap seperti menggoreng, memanggang, atau menumis. Jadi harus memperhitungkan seberapa tinggi intensitas memasak di dapur Anda.

Tingkatan daya hisap pada cooker hood diukur dalam satuan m3/jam. Info ini biasa ditampilkan pada deskripsi atau kemasan produk. Semakin tinggi nilainya, maka semakin kuat daya hisapnya. Untuk dapur dengan frekuensi memasak sedang biasanya sudah cukup dengan memakai alat yang berdaya hisap 700 m3/jam.

Cooker hood biasanya dipasang di bagian atas atau di dinding dapur sehingga akan mudah terlihat oleh orang. Tak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan mengenai model alat ini agar sesuai dengan gaya interior di dapur rumah Anda. Kurang lebih terdapat 5 model yang bisa dipilih, yaitu:

Agar kegiatan memasak Anda tidak terganggu, sebaiknya pilihlah produk cooker hood yang tidak mengeluarkan suara bising berlebihan. Tingkat kebisingan pada cooker hood ditampilkan pada satuan dB atau desibel. Jadi, semakin tinggi nilai desibelnya maka otomatis semakin bising pula alatnya. Pilihlah cooker hood berdesibel rendah agar memasak semakin nyaman. Idealnya desibel yang cukup yaitu di bawah 60 dB karena suaranya setara dengan dua orang manusia yang sedang mengobrol.