Daftar Harga Dishwasher Lengkap Berbagai Merk Terbaru 2021

Dishwasher atau mesin pencuci piring merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk mencuci peralatan memasak dan peralatan makan. Mesin ini banyak digunakan di dapur besar seperti dapur restoran, perusahaan catering, dan hotel. Meskipun begitu, Anda tetap bisa menggunakannya untuk keperluan rumah Anda sendiri apabila memang kewalahan mencuci peralatan dapur secara manual.

Mesin dishwasher bentuknya hampir mirip dengan mesin cuci pakaian dengan tabung di bagian depan. Kedua mesin ini sama-sama memerlukan air dan deterjen untuk mencuci dan membersihkan barang. Bedanya, dishwasher harus menggunakan air dengan suhu sekitar 55-65 oC dan kandungan sabun cuci yang lebih kuat karena sisa makanan atau masakan yang menempel di peralatan dapur perlu usaha ekstra untuk dibersihkan.

Secara garis besar, mesin dishwasher bekerja dengan cara menyemprotkan air bersuhu panas serta deterjen khusus mengenai piring atau peralatan dapur lain sehingga noda yang melekat akan hilang terbawa aliran air. Kekuatan semprotan air dishwasher ini sangat kuat sehingga saat proses pembersihan mesin harus ditutup dengan sangat rapat. Adapun urutan cara kerjanya secara lebih gamblang yaitu,

Seusai piring dan peralatan dapur yang kotor dimasukkan ke rak dishwasher, air bersuhu normal akan disalurkan dari kran ke mesin ini. Saat air sudah cukup tertampung di bagian bawah dishwasher, maka elemen pemanasnya akan otomatis beroperasi untuk memanaskan air tadi. Pemanasan air ini membutuhkan daya listrik.

Setelah suhu air sudah pas, maka komponen pompa akan memompa air tersebut untuk diarahkan ke dalam mesin melalui propeler. Terdapat dua propeler, propeler plastik dan propeler logam. Propeler plastik terletak di bagian bawah rak piring, sedangkan propeler logam di bawah rak mesin dan lebih tahan panas. Saat air panas melewati propeler, maka propeler akan otomatis membuat gerakan berputar sehingga air menyembur secara merata ke seluruh sisi dan mengenai setiap peralatan dapur yang kotor.

Selanjutnya adalah tahapan inti yaitu tahap pembersihan. Air panas tadi akan disemprotkan secara kuat mengenai alat dapur. Air yang sudah dikeluarkan akan turun ke bagian bawah mesin dan ditampung lagi untuk kemudian dipanaskan ulang dan disemprotkan lagi ke piring, dll. Siklus ini berlangsung beberapa kali sampai pencucian bersih sempurna. Terdapat fitur Timer yang bisa Anda setting agar bisa mengatur waktu pembersihan. Setelah pembersihan selesai, sisa kotoran akan dikeluarkan melalui lubang pembuangan.