Daftar Harga Grinder Kopi Elektrik Berbagai Merk dan Tipe

Harga Grinder Kopi Elektrik 2021. Mesin penggiling kopi atau grinder merupakan alat wajib yang hampir pasti ada di setiap kedai atau coffee shop. Kopi yang langsung digiling memiliki aroma khas dan kesegaran yang lebih nikmat dibanding kopi sachet. Tapi, karena biji kopi bertekstur keras maka perlu cara tersendiri untuk menggilingnya. Selain jenis biji kopinya, jenis grinder yang dipakai juga dapat menentukan citarasa kopi. Grinder dengan kualitas yang tepat bisa menjamin konsistensi rasa dari setiap biji kopi pilihan.

Bagi Anda yang akan membuka coffee shop atau sekadar ingin menggiling kopi untuk keperluan pribadi, sebaiknya Anda memilih grinder dengan cermat agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Di bawah ini adalah beberapa tips memilih grinder elektrik yang harus perhatikan,

Kebanyakan grinder kopi elektrik sudah didesain khusus agar dapat menghasilkan berbagai pilihan level gilingan. Jika ingin menggiling kopi untuk espresso, Anda bisa memilih level paling halus. Gilingan kasar cocok untuk kopi yang diseduh dengan metode French press. Pastikan Anda memilih grinder dengan spesifikasi yang pas karena beberapa grinder yang memang dikhususkan hanya untuk penggilingan halus, ada pula yang dibuat khusus menghasilkan gilingan dengan konsistensi medium to coarse.

Setiap tipe grinder kopi tersedia dalam berbagai pilihan kapasitas atau ukuran. Pilih grinder dengan kapasitas yang sesuai dengan keperluan kedai kopi Anda. Jika Anda merencanakan untuk membuat 100 gelas kopi atau lebih dalam sehari, pilihlah grinder yang kapasitasnya sekitar 1 hingga 2 kg. Jika ingin membeli grinder khusus untuk menggiling satu jenis kopi dalam jumlah kecil, pilih grinder berkapasitas medium atau kecil agar lebih hemat.

Jika Anda masih pemula dalam hal penggilingan kopi, sebaiknya jangan buru-buru untuk membeli grinder paling canggih. Grinder canggih terbaru biasanya ditunjang oleh berbagai fitur tingkat lanjut yang hanya dikuasai oleh barista profesional. Bagi pemula, yang terpenting adalah memilih grinder yang pengoperasiannya mudah. Grinder kopi elektrik dengan pengoperasian sederhana dapat ditandai dengan adanya tuas pengatur level gilingan atau grind size. Ada pula grinder yang lebih praktis penggunaannya, yaitu yang beroperasi hanya melalui tombol on/off. Grinder otomatis tersebut bekerja serupa blender dan cocok untuk kedai berskala kecil.