Daftar Harga HT (Handy Talky) dan Panduan Pembeliannya

Handy Talky atau disingkat HT merupakan alat komunikasi radio jarak jauh dengan fungsi broadcast. Alat ini sangat berguna untuk mengkomunikasikan setiap informasi penting dalam sebuah koordinasi tim. HT biasa dipakai oleh satpol PP, polisi, satpam, panitia acara, EO, hingga pegawai hotel.

Fungsi broadcast pada HT merupakan alasan utama mengapa alat ini masih digunakan saat sudah hadir teknologi ponsel dan alat komunikasi lain. HT mempunyai fungsi komunikasi one-to-many berupa broadcast informasi suara sehingga setiap info yang disampaikan melalui HT dapat didengar oleh seluruh tim yang memantau.

Alat ini dinilai praktis dan efektif untuk membantu koordinasi. Tak mengherankan jika alat ini banyak dicari oleh banyak orang. Sayangnya, banyak pula tersebar produk HT abal-abal yang tidak terjamin kualitasnya. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih produk HT yang hendak dibeli. Berikut ini adalah panduan membeli HT agar tak salah pilih:

Terdapat dua opsi frekuensi radio HT, yaitu frekuensi VHF dan UHF. HT dengan frekuensi VHF hanya bisa berkomunikasi dengan frekuensi VHF, begitu pun dengan UHF. Kedua frekuensi tersebut tidak bisa saling berkomunikasi karena perbedaan range. Untuk itu, tentukan frekuensi mana yang ingin Anda gunakan dengan tim. Frekuensi VHF range-nya mulai dari 134 MHz hingga 176 MHz. Sedangkan UHF memiliki range yang lebih bervariasi, yaitu 330-440 MHz, 400-470, dll.

Sebelum membeli HT, Anda harus menentukan lokasi penggunaannya agar tahu apakah perlu perlengkapan tambahan atau tidak. Jika HT hendak dipakai untuk keperluan indoor dalam gedung seperti hotel, kantor, atau mall, maka tidak membutuhkan perangkat tambahan.

Khusus HT untuk penggunaan outdoor dengan mobilitas tinggi seperti antar mobil atau truk maka perlu perangkat tambahan lain. Perangkat tambahannya yaitu radio rig yang harus dipasang di kendaraan menggunakan breket dan beberapa kabel serta antena. Untuk memperkuat sinyal, gunakan repeater atau booster.

Usahakan untuk membeli produk asli yang memiliki garansi resmi. Kebanyakan garansi produk HT adalah satu tahun setelah pembelian. Anda harus mencari tahu dulu ada tidaknya tempat service merk tersebut di wilayah Anda. Produk tanpa garansi terlalu riskan untuk dibeli karena kualitasnya tidak terjamin.