Daftar Harga Kompor Induksi Terbaru dan Terlengkap

Harga Kompor Induksi 2021. Kompor merupakan perabotan rumah tangga yang paling wajib ada di dapur. Alat memasak satu ini banyak jenisnya, kompor gas adalah yang paling banyak digunakan.

Namun tahukah Anda bahwa sekarang telah ada teknologi kompor canggih bernama kompor induksi? Kompor ajaib ini tidak memerlukan nyala api saat dipergunakan memasak. Penggunaannya mudah sekali, Anda tinggal menekan tombolnya lalu letakkan alat masaknya lalu langsung proses memasak. Sangat praktis dan mudah bukan?

Kompor induksi sendiri sangat berbeda dengan kompor gas. Jika kompor gas mengandalkan api dari gas untuk memasak makanan, kompor induksi mengandalkan reaksi elektromagnetik yang terjadi di antara kompor dan alat masak. Reaksi elektromagnetik tersebut akan berubah menjadi energi panas yang kemudian disebarkan ke alat masak sehingga makanan bisa dimatangkan. Panas dari kompor ini lebih merata dibanding kompor gas.

Banyak orang mengira bahwa kompor induksi akan membutuhkan energi yang sangat besar. Padahal kompor induksi ternyata jauh lebih hemat energi jika dibanding kompor gas maupun kompor listrik. Hal ini dikarenakan panas dari kompor induksi terpusat di satu titik dan tidak menyebar ke udara sekitarnya. Dengan begitu, sekitar 90% energi berarti diubah menjadi energi panas, tidak seperti kompor gas yang hanya mengkonversi 55% energi dan kompor listrik sebesar 65%.

Oleh karena kompor induksi tidak membutuhkan nyala api, maka resiko terjadinya kebakaran dapat diminimalisir. Penggunanya juga dapat menghindari luka bakar yang sering didapat saat memasak memakai kompor biasa. Dan lagi, kejadian tabung gas bocor atau meledak tidak akan terjadi karena kompor ini tidak memerlukan gas.

Banyak orang memilih kompor induksi karena dinilai sebagai peralatan yang praktis. Hal tersebut karena penggunanya tidak perlu direpotkan dengan kegiatan memasang atau melepas tabung gas. Kejadian kompor mati saat masih memasak juga tidak akan Anda alami lagi karena kompor induksi tidak akan kehabisan energi. Apalagi kompor induksi sekarang juga tersedia dalam versi portable.

Memasak menggunakan kompor induksi tergolong lebih cepat daripada menggunakan kompor biasa. Karena kompor induksi menghantarkan panas secara cepat dan merata ke seluruh badan alat masak yang sudah menempel ke kompor. Anda tidak perlu menunggu wajan atau panci panas dulu seperti saat menggunakan gas. Dengan waktu memasak yang lebih singkat ini, otomatis penghematan biaya juga bisa lebih memungkinkan.

Saat menggunakan kompor yang mengandalkan nyala api, kita kerapkali mengatur panas berdasarkan besar api. Dengan kompor induksi, Anda tak perlu melakukannya lagi karena alat ini sudah ditunjang dengan fitur pengatur suhu. Jadinya Anda bisa memasak apapun dengan suhu yang paling tepat sehingga tingkat kematangan makanan pun sesuai yang diharapkan.