Daftar Harga Slow Cooker Beragam Merk Terlengkap 2021

Slow cooker merupakan alat masak elektrik yang bekerja dengan lambat karena menggunakan suhu rendah dalam proses memasaknya. Penggunaan suhu rendah ini sangat efektif untuk mempertahankan kandungan gizi dalam makanan. Tingkat kematangannya juga lebih merata dengan cita rasa makanan yang khas. Alat ini biasanya dipakai untuk memasak hidangan yang membutuhkan api kecil dan lama seperti makanan bayi, sup, kaldu, bubur, ayam ungkep, hingga roti.

Slow cooker bentuknya hampir mirip dengan rice cooker. Namun, slow cooker biasanya disusun oleh empat bagian utama, yaitu panci luar, panci dalam, tutup panci, dan knop pengatur. Panci bagian dalam berbahan keramik tanah liat sehingga lebih aman untuk makanan. Cara kerja slow cooker ini cukup sederhana, alat akan menahan panas sehingga makanan akan matang dalam waktu lama mulai dari 3 jam hingga 12 jam. Metode tersebut cocok untuk membuat bumbu lebih meresap ke makanan secara sempurna.

Ini adalah beberapa kegunaan slow cooker yang sangat menguntungkan:

Kini memasak bubur menjadi lebih mudah dengan slow cooker. Adanya dua panci yang memiliki peran masing-masing cocok dimanfaatkan untuk membuat bubur. Panci luar berfungsi untuk mengalirkan panas, sedangkan panci dalam berguna untuk menangkap atau “menjebak” panas untuk mematangkan masakan.

Aliran panas yang lambat akan menjadikan bumbu lebih meresap ke bubur sehingga bubur terasa gurih. Panas yang merata dan perlahan juga membuat bubur menjadi lebih lembut maksimal. Tak seperti memasak bubur di kompor, Anda tak perlu khawatir menunggui bubur matang karena slow cooker akan mematangkannya secara otomatis.

Daging merupakan salah satu bahan masakan yang sulit diempukkan. Jika hal tersebut juga menjadi masalah dapur Anda, sebaiknya segera pertimbangkan untuk membeli slow cooker. Keunggulan utama slow cooker adalah kemampuannya dalam memusatkkan panas di dalam panci porselen sehingga daging akan mudah melembut.

Lebih disarankan untuk memasak daging yang sudah dicampuri bumbu agar bumbu sekaligus meresap saat proses pemasakan lambat. Perhatikan juga ukuran daging karena kapasitas slow cooker berbeda-beda, semakin tipis dagingnya maka kematangannya semakin sempurna.

Salah satu tujuan utama orang membeli slow cooker adalah untuk memasak MPASI atau makanan pendamping ASI. Hal ini dikarenakan slow cooker adalah satu-satunya alat yang tepat untuk memasak makanan bayi agar tetap terjaga gizinya karena proses memasak dengan suhu rendah. Anda tinggal memasukkan bahan-bahan MPASI ke pot atau panci kemudian atur besaran apinya.