Daftar Harga Teko Listrik Terlengkap 2021 dan Tips Membelinya

Teko listrik adalah alat elektronik berbentuk teko yang mengandalkan daya listrik untuk merebus air di dalamnya. Alat ini sangat memudahkan kegiatan di dapur karena kita tak lagi harus repot-repot merebus air dengan panci dan kompor. Teko listrik jauh lebih praktis dan efisien digunakan. Bahkan saat ini sudah ada produk teko listrik yang mampu menjernihkan air keruh.

Teko listrik atau disebut juga thermopot ini ditunjang dengan fitur pengaturan suhu sehingga Anda bisa mengatur tingkat kepanasan air sesuai selera. Terdapat juga semacam filter air yang berfungsi untuk menyaring partikel atau kotoran pada air yang hendak direbus. Alat ini juga mudah dibawa ke mana-mana karena bentuknya yang tidak memakan tempat.

Dengan mengetahui manfaat dan keunggulan yang berlimpah tersebut, Anda mungkin jadi ingin segera membeli teko listrik juga. Namun, sebelum membeli, sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut ini saat memilih teko listrik baru Anda. Banyak sekali jenis dan merk teko listrik, sehingga Anda harus teliti memilihnya.

Teko listrik tersedia dalam berbagai pilihan kapasitas, mulai dari 1 liter hingga 2 liter air. Rata-rata produk teko listrik yang laris di pasaran adalah yang kapasitasnya sebesar 1,5 liter karena ukuran tersebut merupakan pilihan aman, tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar. Namun, jika sekiranya Anda hanya perlu merebus air sekitar 1 sampai 2 cangkir minuman, pilihlah yang berkapasitas 1 liter. Namun jika teko listrik rencananya akan dipakai juga untuk memanaskan sup atau mie rebus, kapasitas 2 liter adalah jawabannya.

Ada dua jenis material yang biasa digunakan untuk bahan teko listrik. Teko listrik berbahan plastik harusnya dihindari karena air panas yang berada di plastik akan sangat berbahaya dikonsumsi karena terkontaminasi kandungan plastik. Pilihlah teko listrik berbahan stainless steel karena bahan tersebut sudah terbukti aman meskipun terkena pemanas.

Sebagai sebuah perangkat yang praktis, teko listrik pasti mempunyai bagian pegangan untuk memudahkan penggunanya mengangkat teko tersebut. Pilihlah teko yang pegangannya nyaman saat digenggam dan anti slip agar tetap aman saat menuang air panas. Pastikan juga pegangan teko listrik yang Anda pilih tidak menghantarkan panas agar tangan tidak terbakar.

Teko listrik yang bagus harus dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa auto-shut off  atau boil dry protection. Fitur tersebut memungkinkan teko listrik akan mati dengan sendirinya ketika air sudah mendidih. Fitur ini sangat penting untuk menghindari terjadinya kebakaran atau konsleting listrik semisal Anda kelupaan merebus air terlalu lama. Banyak produsen teko listrik mengklaim bahwa produknya mempunyai fitur ini, namun tidak semuanya benar-benar berfungsi. Jadi, Anda harus benar-benar memastikan fitur itu berfungsi dan bekerja dengan benar.