Gergaji Circular Saw, Mengenal Gergaji Circular dan Kegunaanya

Gergaji Circular Saw dan Kegunaanya. Gergaji listrik merupakan salah satu peralatan dasar dalam berbagai proyek pertukangan. Gergaji listrik atau circular saw bersifat portable sehingga mudah dibawa dan digunakan dalam beragam situasi pekerjaan.

Gergaji listrik atau circular saw mempunyai beragam ukuran, umumnya ukurannya ditentukan dengan diameter pisau potongnya. Ukurannya yang paling umum adalah 7 1/4 inch dan 9 1/4 inch. Beragam merk mesin gergaji circular beredar di pasar, merk high end didominasi oleh Makita, Bosch, Hitachi, dan Dewalt sementara kelas menengah ada maktek, bitech, dan kelas low end yang paling banyak digunakan adalah merk modern, ryu, norita, dan lain-lain.

Sumber energi dari circular saw terdapat dua macam yaitu listrik melalui kabel dan baterai litium atau biasa dikenal dengan cordless (tanpa kabel). Kedua jenis sumber daya ini ada kekurangan dan kelebihannya. Circular saw dengan tenaga baterai mempunyai fleksibilitas lebih tinggi dan relatif mudah untuk beragam sudut kerja namun lama pekerjaan tergantung daya tahan baterai.

Dalam menggunakan mesin gergaji circular diperlukan konsentrasi dan kestabilan tinggi agar hasil potongannya akurat dan presisi. Hal ini berbeda dengan table saw atau gergaji meja yang bisa memotong dengan sangat akurat.

 

Beberapa fitur yang ada pada gergaji circulaer saw biasanya adalah: