Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Skuter Listrik

Skuter listrik merupakan alternatif kendaraan yang bisa dijadikan pilihan di era modern ini. Pasalnya, kendaraan listrik satu ini tebukti lebih cepat lima kali lipat dibanding berjalan kaki. Terlebih lagi skuter listrik ini ramah lingkungan dan harganya tidak terlalu mahal. Dengan mengendarainya, Anda tak akan dibuat berkeringat dan kelelahan seperti ketika mengendarai sepeda.

Dengan desain kompak dan bisa dilipat, skuter listrik sangat cocok dipakai untuk perjalanan pendek di area perkotaan. Kendaraan ini masih tergolong baru di pasaran, namun masa depannya nampak menjanjikan sehingga banyak orang berminat memilikinya. Jika Anda termasuk salah satu orang tersebut, Anda tentunya harus tahu cara memilih e-skuter yang tepat. Di bawah ini adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan ketika membeli skuter listik:

Kualitas kendaraan adalah hal terpenting yang harus diperhatikan ketika memilih skuter listrik. Sebagai kendaraan untuk menempuh perjalanan pendek, untuk masalah kecepatan skuter listrik biasanya tidak terlalu dipermasalahkan. Justru hal yang diutamakan adalah segi kenyamanan ketika dikendarai. Ini dia tiga hal utama yang menjadi penentu kualitas skuter listrik:

Selanjutnya, Anda harus mempertimbangkan jangkauan jarak yang mampu ditempuh skuter listrik dalam satu pengisian baterai penuh. Sayangnya banyak produsen skuter listrik yang kadang terlalu membesar-besarkan jangkauan produknya untuk menarik konsumen. Pada tahun 2018 pernah diadakan Electric Scooter Survey dan hasilnya sebagian besar produsen melebihkan klaim jangkauan jarak rata-rata 30% bahkan lebih. Jadi, untuk lebih aman, jika ada klaim jarak tempuh di iklan sebaiknya kurangi 50% agar tak terlalu berekspektasi.

Untuk jangkauan jarak ideal skuter listrik tergantung tujuan pemakaiannya. Jika rencananya skuter listrik akan dipakai untuk menempuh perjalanan panjang atau perjalanan dengan medan curam sebaiknya pilih produk yang jarak tempuhnya jauh. Kalau hanya untuk berkeliling di sekitar komplek pilih skuter dengan jangkauan biasa saja karena harganya tak akan terlalu mahal.

Kapasitas baterai sekaligus juga menentukan jangkauan jarak maksimum skuter listrik. Rata-rata skuter listrik dengan baterai penuh sudah bisa dipakai berkendara selama 40 menit atau 1 jam. Tapi kapasitas baterai juga bergantung pada  jenis medan yang dilintasi, gaya berkendara, dan berat badan pengemudi. Secara garis besar dapat dikatakan bahwa semakin besar kapasitas baterainya, maka semakin lama pula skuter bisa dikendarai.

Batasan beban berarti seberapa berat maksimum yang mampu diangkut oleh skuter listrik. Jika sebuah produk mengklaim memiliki batasan beban sebesar 115 kg, berarti skuter listrik tersebut hanya bisa dikendarai oleh orang dengan berat badan di bawah 115 kg. Memang skuter tidak seketika remuk jika memuat beban berlebih, namun kinerjanya akan terganggu secara keseluruhan.