Harga Air Fryer Lengkap Beragam Merk dan Jenis Terbaru

Harga Air Fryer 2021 Berbagai Tipe dan Merek. Makanan yang digoreng renyah merupakan favorit banyak orang. Sayangnya konsumsi berlebihan akan gorengan berminyak bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan. Namun saat ini Anda tak perlu khawatir karena sudah ada teknologi bernama air fryer yang memungkinkan untuk menggoreng tanpa minyak. Dengan begitu, gorengan yang kita makan menjadi lebih sehat dan bebas kolesterol.

Air fryer sendiri merupakan peralatan memasak elektronik yang berfungsi untuk menggoreng bahan makanan tanpa menggunakan minyak. Prinsip kerjanya yaitu dengan menyebarkan udara bersuhu tinggi dengan kecepatan maksimal sehingga panas akan mengelilingi bahan makanan secara menyeluruh. Udara panas itu berasal dari kipas mekanik yang ada di dalam air fryer. Dengan sebaran panas di sekeliling bahan makanan, maka kandungan air di makanan tersebut akan menguap. Alhasil, makanan otomatis matang sekaligus teksturnya berubah renyah selayaknya habis digoreng.

Ada tiga jenis air fryer yang dapat dengan mudah dijumpai di pasaran, yaitu:

Basket air fryer adalah jenis terpopuler karena telah banyak dipakai. Air fryer ini berbentuk serupa teko bulat dengan beragam tombol. Jenis ini memiliki bukaan di bagian samping dan model wadah makanannya seperti loyang. Basket air fryer cocok dipilih jika Anda ingin menggoreng bahan makanan dengan tidak terlalu kering. Selain itu, alat ini bisa dipakai juga untuk memanggang kue.

 

Paddle air fryer memiliki tampilan yang mirip dengan rice cooker atau magic com. Bukaannya pun serupa karena berada di bagian atas alat. Terdapat semacam baling-baling pada bagian tengah air fryer ini yang fungsinya untuk menyebarkan panas ke makanan. Jenis kedua ini sangat pas untuk menggoreng makanan menjadi renyah dan kering, misalnya frozen food.

Jenis yang terakhir yaitu oil-free turkey fryer yang ukurannya paling besar dibanding dua jenis sebelumnya. Tampilannya berbentuk panci pada umumnya namun dilengkapi kaki sebagai penyangga. Di bagian samping kanan dan kiri ada gagang untuk mempermudah pemakaiannya. Berbeda dengan sebelumnya, jenis ini memiliki tutup yang terpisah dari alat sehingga tidak menyatu dengan panci sehingga lebih mudah dalam memasukkan bahan makanan. Dengan kapasitas sangat besar, air fryer ini biasanya dimanfaatkan untuk memanggang kalkun atau ayam utuh.

Aneka jenis air fryer di atas banyak beredar di pasaran sehingga Anda tinggal memilih jenis mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini terdapat tabel harga air fryer dari berbagai merk terbaik jika Anda masih bingung menentukan pilihan.