Harga Alat Penyedot Komedo 2021 dan Cara Memilihnya

Komedo merupakan salah satu hal yang mengganggu tampilan di wajah. Tak heran jika akhirnya banyak orang yang berusaha untuk menghilangkannya dengan berbagai cara. Salah satu metode yang terbilang efektif mengangkat komedo adalah dengan menggunakan alat penyedot komedo.

Alat penyedot komedo merupakan alat yang berfungsi untuk mengurangi minyak di wajah serta untuk merawat pori-pori kulit. Alat elektrik ini sudah terbukti mampu menyedot komedo pada kulit wajah khususnya area hidung. Apabila Anda berminat memilikinya, sebaiknya pilih produk dengan hati-hati agar aman untuk kulit. Berikut ini beberapa tips memilih alat penyedot komedo:

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan sebelum menentukan untuk membeli alat penyedot komedo adalah mengenali kulit sendiri. Pastikan Anda sudah tahu kondisi dan jenis kulit Anda. Hal ini penting karena tiap alat penyedot komedo memiliki daya sedot yang berbeda-beda.

Daya sedot alat tersebut dihitung dalam satuan kPa, semakin tinggi nilai kPa-nya maka semakin kuat pula kekuatan sedotnya. Alat dengan tingkat kPa tinggi bukan berarti lebih efektif menghilangkan komedo dibanding alat di bawahnya. Justru jika daya sedot alat terlalu kuat akan sangat beresiko merusak jaringan di kulit. Untuk kulit normal biasanya orang-orang menggunakan alat berdaya 50 kPa, sedangkan untuk kulit sensitif pilihlah yang berdaya 40 kPa.

Setiap alat penyedot komedo biasanya dilengkapi dengan berbagai jenis tambahan kepala penyedot. Masing-masing model kepala penyedot memiliki fungsi tersendiri, misalnya kepala yang ramping untuk mengangkat komedo di sekitar hidung, sedangkan kepala penyedot yang lebar cocok dipakai untuk menyedot komedo di sekitar dahi dan pipi. Memang ada produk yang hanya memiliki satu jenis kepala, namun produk tersebut dinilai kurang optimal mengangkat komedo.

Di pasaran, beredar tiga jenis sumber daya untuk alat penyedot komedo, yakni baterai, rechargeable, dan kabel listrik. Alat penyedot komedo dengan baterai sekali pakai sangat cocok jika digunakan sesekali atau tidak terlalu sering karena daya sedotnya akan berkurang seiring dengan menurunnya daya baterai. Anda harus membawa baterai cadangan ketika bepergian karena baterai yang habis sudah tidak bisa dipakai lagi.

Kemudian alat yang menggunakan sumber daya yang bisa diisi ulang atau baterai rechargeable cocok untuk pemakaian dengan frekuensi tinggi. Jenis ini juga fleksibel untuk dibawa ke mana-mana, jadi jika daya baterai habis tinggal isi ulang dengan mencolokkannya ke stopkontak.

Sedangkan untuk alat penyedot komedo dengan kabel hanya bisa digunakan dalam jangka lama serta daya sedotnya lebih stabil dibanding dua jenis sebelumnya. Namun karena tipe ini bergantung pada kabel dan listrik, maka tidak bisa dengan mudah dipakai di mana saja semisal di kamar mandi atau tempat berlibur.