Harga Baterai Sepeda Listrik, Aki SLA dan baterai Lithium Pack

Harga Baterai Sepeda Listrik, Aki SLA dan baterai Lithium Pack. Baterai Merupakan sumber tenaga utama sepeda listrik, saat baterai rusak kita harus menggantinya dengan spesifikasi yang sama atau paling tidak harus kompatibel. Baterai yang kompatible membuat berbagai part sepeda listrik bis abergerak optimal dan awet.

Baterai adalah sumber daya untuk menggerakkan motor. Volt disesuaikan dengan spesifikasi motor penggerak. Untuk Ampere, makin besar akan memberikan daya jangkau yang lebih jauh. Dibedakan dari bentuknya, baterai ada yang berbentuk kotak seperti accu pada umumnya, ada juga yang berbentuk tabung seperti kits astrobike

Sedang menurut jenisnya yang sering di gunakan ada 2 yaitu aki dan lithium. Untuk batrai yang menggunakan aki lebih baik menggunakan aki kering dibanding kan menggunakan aki basah karena aki basah lebih cepat rusak dan kualitas sedikit dibawah aki kering dan juga aki basah harus selalu cek air aki jangan sampai kehabisan.

Saat ini baterai kendaraan listrik terus mengalami perkembangan jenis dan variannya. Mulai dari jenis LIfepo4 hingga jenis Baterai LTO. Varian LTO diprediksi menjadi baterai yang unggul, tahan lama, dan aman. Berikut ini kami lampirkan harga baterai sepeda listrik yang paling banyak beredar dipasaran.

 

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan baterai sepeda listrik adalah:

Baterai Lithium tergolong lebih bagus daripada aki kering. Baterai lithium memiliki banyak kelebihan dan memiliki satu kelemahan. Beberapa kelebihannya adalah lebih awet, lebih ringan, lebih relatif cepat dalam pengecasan dan tidak mengalami kerusakan apabila tidak dipakai dalam waktu yang lama.

Satu-satunya kelemahan baterai lithium adalah harga yang mahal, karena baterai ini harus impor dan biaya impor, bea cukai, dll membuat jatuhnya harga tinggi pada baterai ini.

Saat ini banyak DIY-er yang membuat sendiri baterai pack untuk sepeda listrik. Baterai disusun dari baterai bekas laptop yang kapasitasnya masih bagus. Ada juga yang menggunakan baterai baru berkualitas tinggi tipe 18650. merek baterai berkualitas tinggi biasanya adalah LG, panasonic, dan Samsung.