Harga Berbagai Merk Bel Rumah Lengkap dan Tips Memilihnya

Harga Bel Listrik Rumah 2021 Berbagai Merek. Saat sedang di rumah, kita tidak selalu berada di ruang tamu, kadang sedang memasak di dapur, tiduran di kamar, atau asyik melakukan hal lain. Oleh sebab itu, seringkali kita tidak mendengar salam atau panggilan dari tamu di luar rumah. Alhasil, tamu tersebut tak jadi berkunjung atau menyampaikan keperluannya. Sehingga, memasang bel rumah adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Saat ini bel rumah sudah tersedia dalam versi elektriknya yaitu bel listrik. Bel listrik adalah alat yang menerapkan prinsip elektromagnetik sehingga mampu mengubah energi listrik menjadi energi suara. Selain di rumah-rumah, bel listrik biasa dijumpai pada tempat yang dilengkapi sistem keamanan. Jadi, bel listrik tak hanya berfungsi sebagai penanda adanya tamu, namun juga sebagai alarm keamanan. Bel listrik sebagai alarm keamanan berguna sebagai penanda kebakaran serta penanda adanya pencuri atau maling.

Ketika sakelar atau tombol On pada bel listrik dinyalakan, maka otomatis arus listrik langsung mengaliri rangkaian bel. Aliran listrik tersebut kemudian mengarah ke kumparan yang memuat inti besi. Kumparan yang sudah teraliri listrik akan berubah menjadi magnet temporer atau sementara. Di saat bersamaan, pegas baja dan jangkar besi akan ditarik oleh magnet tadi sehingga mengenai pemukul. Bel pun akan mengeluarkan suara karenanya.

Produk bel listrik tersedia dalam berbagai merk dan tipe yang tersebar di pasaran. Jika Anda hendak membeli bel ini, Anda harus jeli dalam memilih produk mana yang paling tepat. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bel listrik:

Hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan adalah frekuensi dan jarak dari bel. Jika Anda sekiranya ingin menggunakan bel dalam bangunan yang besar, pilihlah bel yang memiliki frekuensi dengan jangkauan jarak yang luas. Semisal pun hanya ada bel berfrekuensi dekat, gunakan receiver lebih dari satu. Jika membeli bel untuk keperluan rumah atau tempat yang kecil, pilihlah bel berfrekuensi sedang atau rendah agar tidak terlalu berisik.

Sangat perlu untuk membeli produk yang disertai dengan garansi resmi agar memudahkan servis ketika sewaktu-waktu bel bermasalah. Sebaiknya pilih bel yang memiliki baterai tangguh agar Anda tidak perlu menggantinya terlalu sering. Baterai dengan kapasitas besar juga berguna agar bel tetap berfungsi saat listrik mati. Pastikan bel dilindungi oleh material waterproof agar tetap awet bertahun-tahun meskipun terkena cipratan air.

Perihal fitur bel, sesuaikanlah dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan jenis dering tertentu ketika bel ditekan, pilihlah produk bel listrik yang memiliki banyak varian nada serta pilihan pengaturan volume. Jika ingin menggunakan bel yang bisa membuat Anda bisa berkomunikasi dengan tamu di luar, pilihlah bel yang ditunjang fitur intercom.