Harga Mesin Penggiling Daging Otomatis Berbagai Merk 2021

Daging merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digunakan dalam kuliner Indonesia, mulai dari penjual kaki lima hingga restoran. Konsumsi daging yang begitu tinggi, menjadikan berbagai olahan daging semakin divariasi. Salah satu jenis olahan yang banyak diminati adalah daging giling. Daging giling bisa dimasak menjadi apa saja yang diinginkan, bakso adalah salah satu yang paling populer.

Proses penggilingan daging bisa dilakukan dengan mesin manual maupun mesin listrik. Mesin penggiling manual dinilai kurang efektif untuk bisnis kuliner dengan skala besar karena prosesnya yang menghabiskan banyak tenaga dan waktu. Untuk itulah, mesin penggiling daging berbasis listrik lebih banyak dipilih.

Mesin giling daging atau meat grinder adalah alat yang cara kerjanya melumat daging sampai daging menjadi lebih halus. Daging giling halus merupakan bahan yang bagus untuk dijadikan berbagai jenis makanan. Jika Anda baru memulai bisnis kuliner daging, sebaiknya pilih mesin penggiling yang berkualitas agar dagingnya juga tergiling sempurna. Dengan begitu, tak akan ada potongan tulang kasar pada olahan daging.

Oleh karena tersedia banyak sekali merk dan tipe meat grinder di pasaran, Anda harus cermat ketika hendak membelinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih mesin penggiling daging:

Tidak sedikit mesin penggiling daging yang terbuat dari material asal-asalan. Mesin abal-abal dengan bahan material yang buruk tidak akan awet serta tidak bagus hasil gilingannya. Material yang tidak bagus juga dapat mempengaruhi rasa dari daging giling menjadi lebih anyir atau bisa terinfeksi karat.

Stainless steel adalah jenis material yang direkomendasikan karena higienis, tidak berkarat serta tahan lama. Minimal pada bagian body mesin dan loyang harus terbuat dari stainless steel. Kemudian pada alat penggilingnya sebaiknya dibuat dari material baja agar putaran mesin stabil dan kuat.

Selanjutnya perhatikan dari segi ukurannya. Mesin penggiling daging tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas sehingga Anda harus memilih yang sesuai kebutuhan.  Tentukan akan seberapa banyak daging yang perlu Anda giling setiap harinya. Lalu pilih mesin dengan kapasitas yang memenuhi keperluan Anda tersebut. Jangan sampai Anda membeli mesin yang terlalu kekecilan untuk bisnis kuliner atau mesin terlalu besar untuk keperluan rumahan.

Pertimbangkan juga peruntukan meat grinder, apakah untuk membuat sosis, bakso, nugget, atau olahan lain. Setiap jenis makanan membutuhkan tingkat kehalusan yang juga berbeda sehingga Anda harus memilih mesin yang paling pas gilingannya. Pastikan pula untuk membeli produk asli yang bergaransi resmi agar memudahkan ketika servis.