Harga Pemanas Air Listrik dan Gas Berbagai Merek dan Tipe

Harga Pemanas Air Listrik dan Gas 2021 Berbagai Merek dan Tipe. Pemanas air bisa jadi sebuah kebutuhan untuk keluarga, sebab sensasi hangat ketika mandi air panas bisa membuat nyaman tubuh dan meredakan stress. Selain itu, saat pagi masih dingin, mandi dengan air panas membuat tubuh semakin segar.

pemanas air kini memiliki berbagai sumber energi yang menggerakan sistem pemanasnya. Mulai dari sumber listrik, gas, uap hingga tenaga surya. Tidak hanya itu, water heater juga dibedakan dengan kapasitas air, kebutuhan waktu dalam sistem pemanasannya hingga sistem keamanannya. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan banyak hal sebelum memutuskan untuk memilih salah satu water heater idaman Anda. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Pertimbangan jumlah penghuni di rumah Anda akan berkaitan dengan perbedaan kapasitas tangki air. Misalnya, tangki 15 liter itu idealnya untuk 2 orang penghuni. Sedangkan water heater dengan tangki 30 liter bisa dipakai untuk 3 sampai 4 orang. Oleh karena itu, jika Anda salah mempertimbangkan jumlah penghuni yang akan memakai water heater, kejadian mandi air hangat akan terhambat karena membutuhkan waktu untuk menunggu airnya panas.

Untuk menggunakan water heater, rumah Anda memerlukan 2 instalasi pipa, yaitu pipa untuk air panas dan pipa untuk air dingin. Oleh karena itu sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu instalasi pipa di rumah. Nantinya hal ini pun bisa berkaitan dengan peletakan water heater-nya, apakah akan diletakan di dalam kamar mandi atau di area lain. Namun kini sebenarnya beberapa produk water heater banyak yang memiliki desain yang unik dan menarik, sehingga ketika dipasang di dalam kamar mandi sekalipun masih tetap artistik.

Jangan sampai Anda salah memilih water heater yang tidak sesuai dengan kapasitas daya listrik di rumah Anda. Sesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki, sehingga water heater bisa berjalan dengan lancar tanpa mengganggu urusan listrik lainnya.

Sebelum menentukan jenis water heater, Anda perlu menentukan juga beberapa hal yang akan Anda hadapi dalam hal perawatan dan biaya operasionalnya. Misalnya water heater berenergi tata surya tentu saja akan memiliki harga yang tinggi untuk membelinya, namun ini merupakan invest yang berjangka panjang, karena Anda sudah tidak perlu lagi untuk memikirkan biaya listrik atau gas. Sama halnya dengan yang berenergi listrik atau gas, tentunya Anda perlu menyiapkan biaya pengeluaran untuk membayar listrik atau gas untuk pengoperasian water heater.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah sistem keamanannya. Misalnya memilih pemanas air yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang sudah memperoleh sertifikat keamanan dari International Electro-technical Commission dan Singapore Standards. Untuk perawatannya pun Anda perlu memerhatikan seperti anti karat atau anti bocor yang bisa menjaga water heater Anda beroperasi jangka panjang.

Sebagai info referensi, berikut ini kami tampilkan perkiraan harga pemanas air berbagai merek.

 

 

Safety device made in japan

 

Pemanas air nyaman digunakan saat mandi