Harga Rel Pintu Sliding (Geser) dan Cara Pemasangannya

Harga Rel Pintu Sliding (Geser) dan Cara Pemasangannya. Sistem mekanis bukaan pintu ada beberapa macam, yang paling umum adalah sistem swing dengan menggunakan engsel. Namun ada juga yang menggunakan sitem pintu sliding atau pintu geser.

Pintu geser bisa terdiri dari satu panel atau 2 panel pintu tergantung pada kebutuhan. Ada beberapa bagian dari pintu sliding yang umum digunakan yaitu:

 

 

membahas beberapa jenis pintu geser yang paling sering digunakan.

1. Arcadia door Pintu ini terbuat dari kaca dan berbentuk persegi panjang. Arcadia door dipasang sejajar dengan panel kaca yang bentuknya sama pada rol. Pintu akan berdekatan dengan panel kaca ketika dibuka dan kembali ke tempat semula jika ditutup. Pintu ini paling sering digunakan untuk memisahkan area interior dan eksterior, atau sebagai pemisah antara ruangan dalam dan halaman belakang. Oleh karena itu, pintu ini juga disebut dengan patio door.

2. Shoji screen Pintu geser jenis ini telah dibahas sebelumnya, yaitu sebutan untuk pintu geser khas Jepang.

3. Bypass door Pintu jenis ini paling banyak digunakan sebagai pintu lemari. Pintu akan melintasi dan saling membelakangi pada saat dibuka, demikian juga bila pintu ditutup. Pintu ini dipasang pada trek/rel yang dipasang di bagian bawah dan atas kusen pintu.

4. Pocket door Inilah jenis pintu geser yang paling banyak digunakan di area yang sangat sempit dan tidak memungkinkan memasang pintu berengsel. Pocket doors akan masuk ke dalam kompartemen yang tersembunyi di dinding saat dibuka. Rol pocket door biasanya ada di bagian atas, dan kadang ada juga yang dilengkapi dengan trek di lantai. Pintu ini biasanya dipasang di kamar mandi, kamar tidur, atau ruang kerja. Bisa juga digunakan sebagai pintu lemari.

5. Mirrored door Mirip seperti bypass door atau pocket door, tetapi dilengkapi dengan kaca di salah satu sisinya. Biasa dipasang sebagai pintu lemari dan berfungsi ganda sebagai cermin rias.

berikut ini adalah daftar harga rel pintu sliding berbagai tipe dan ukuran yang banyak beredar di pasaran.

Pemasangan pintu geser biasa dilakukan dengan tahap sebagi berikut:

Saat ini, harga pintu geser kaca berikut perlengkapan serta jasa pemasangannya ditawarkan dengan harga Rp 2 juta.