Harga Steam Oven Terlengkap dan Terbaru 2021

Steam oven merupakan tipe oven yang bekerja dengan mengandalkan uap untuk proses memanaskan makanan. Cara kerjanya menggunakan sistem pemanasan air yang kemudian menghasilkan uap panas. Uap panas tersebut lalu dipanaskan lagi sampai mencapai suhu setidaknya 250 oC. Uap yang sudah dipanaskan tadi kemudian diinjeksikan ke makanan yang sedang diproses sehingga akan matang sempurna.

Banyak orang lebih menyukai steam oven dibanding oven biasa karena makanan yang dipanaskan dengan oven uap tetap terjaga kesegarannya. Hal itu disebabkan oleh produksi uap air dalam rongga uap yang menjadikan makanan berair dan tetap segar. Selain kesegarannya, nutrisi yang dikandung dalam makanan juga tetap terjaga. Sedangkan jika menggunakan oven konvensional, vitamin dan nutrisi makanan akan rusak karena dipanggang menggunakan panas kering.

Selain beberapa alasan di atas, berikut adalah beberapa keunggulan lagi dari steam oven yang membuatnya semakin populer.

Makanan yang dimasak menggunakan uap panas akan memiliki tampilan yang tetap segar dan hidup. Berbeda dengan memasak makanan dengan panas kering akan membuat makanan punya efek gosong di permukaannya. Belum lagi jika makanan menjadi terlalu matang dan lembek karena panas berlebihan.

Untung saja ada steam oven yang memakai uap panas untuk mengunci rasa dan tekstur makanan. Tak perlu khawatir makanan jadi basah karena meskipun melibatkan uap air, makanan tidak akan bersentuhan langsung dengan air, hanya uapnya.

Uap merupakan pilihan terbaik untuk memasak lebih sehat dibanding metode memasak lainnya. Merebus sayuran misalnya, akan membuat banyak nutrisi larut ke dalam air padahal air rebusan hampir pasti selalu dibuang. Menggoreng beresiko membuat makanan kehilangan kesegaran dan teksturnya. Memasak memakai uap akan menjamin kesehatan makanan Anda karena uap akan mempertahankan kandungan mineral dan vitamin agar tetap dalam makanan.

Pemanasan makanan menggunakan oven konvensional akan menjadikan makanan kering karena terbakar. Sedangkan jika memakai oven uap, uap panas dalam oven tidak akan mengeringkan makanan ketika proses memasak. Sayuran, daging, ikan akan tetap moist sesuai dimasak sehingga dapat disajikan dengan sempurna. Pada daging yang diuap, akan muncul tekstur kulit yang renyah dengan warna keemasan.

Anda bisa memasak berbagai jenis makanan sekaligus dalam satu waktu tanpa ada gangguan rasa. Jadi meskipun banyak makanan dimasukkan dalam satu oven uap tak akan terjadi transfer rasa dan bau sehingga masing-masing makanan tetap segar. Hal ini merupakan solusi semisal dalam satu keluarga memiliki selera makanan yang berbeda-beda. Dan pastinya lebih hemat waktu.