Harga Tabung CO2 Aquascape Berbagai Merek & Ukuran 2021

Harga Tabung CO2 Aquascape Berbagai Merek & Ukuran 2021.Tanaman Aquascape akan tumbuh dengan optimal jika mendapat supply CO2 yang cukup. Meskipun tanaman tetap bisa tumbuh di dalam air tanpa injeksi namun kebutuhan carbon akan terhambat.

Di alam, sebagian besar spesies air adalah tanaman rawa yang dapat bertahan hidup baik di bawah air (pertumbuhan terendam) atau di atas air (pertumbuhan emersed).

 

Tanaman umumnya lebih suka berada di atas garis air karena ini memberi mereka akses ke gas CO2 / O2. Karena difusi gas dalam air adalah 10.000 kali lebih lambat dalam air dibandingkan dengan di udara, jauh lebih mudah bagi tanaman untuk ‘bernapas’ di udara.

Kebutuhan CO2 / O2 mereka jauh lebih mudah terpenuhi ketika tumbuh emersed. Ini dicontohkan oleh bagaimana spesies Anubias mencari tempat tinggi dengan tumbuh di atas batu.

Air adalah lingkungan yang menantang bagi tanaman karena difusi gas dalam air jauh lebih lambat dalam air dibandingkan di udara. Karena itu, banyak tanaman air memiliki adaptasi yang memungkinkan pertukaran gas yang lebih baik, seperti dengan mengubah bentuk pertumbuhannya (seringkali secara dramatis).

Agar tanaman bisa tumbuh optimal diperlukan injeksi co2 agar tumbuhan bisa memperoleh CO2 secara optimal. Memang ada beberapa tanaman yang bisa tumbuh tanpa co2 namun biasnya akan mengalami perlambatan pertumbuhan atau daun yang berubah warna karena perlu beradaptasi dengan keras.

 

Salah satu alat untuk menginjeksi CO2 adalah tabung atau silinder. Fungsinya sebagai wadah penampung CO2 yang sudah dimampatkan agar bisa dirilis ke akuarium secara perlahan dengan menggunakan regulator.

Ada beberapa ukuran dan tipe dari tabung CO2 yang beredar di pasaran diantaranya:

Harga Tabung CO2 dipasaran cukup bervariasi namun kami berusaha merangkum secara umum, berikut ini adalah detil harga tabung Co2: